Problematika dan Solusi Pendidikan Berbasis Multikultural di Era Globalisasi dan Modernisasi

Rahmat Hidayat, Agung Setiawan, Kanisa Ayu Juliana

Abstract


Dewasa ini umat Islam menghadapi banyak tantangan yang serius, terutama dalam bidang dunia pendidikan terutama di era globalisasi dan modernisasi. Salah satu tantangan tersebut adalah maraknya Pendidikan berbasis Multikulturalisme. Hasil penelitian menunjukkan Islam memiliki konsep-konsep yang berdasarkan pada worldview-nya sendiri, seperti: Konsep Tuhan, kebenaran, ilmu, manusia, dan kebahagiaan. Sementara dalam penerapan konsep-konsep worldview Islam, berbeda dengan worldview Barat. Hal ini serupa dengan Pendidikan Multikulturalisme yang banyak menerapkan unsur-unsur  ideologi dari worldview Barat, seperti: Pluralisme, humanisme, relativisme, dan pragmatisme. Maka, dalam hal tersebut banyak ditemukan problematik pemikiran yang bertentangan dengan worldview Islam. Sehingga, proses penerapan pendidikan terutama  agama yang berbasis multikulturalisme, tidak sesuai dengan tradisi masyarakat Islam yang sebenarnya. Dengan demikian, solusi worldview Islam dalam Pendidikan Agama adalah pemahaman konsep-konsep kunci dalam worldview Islam dan internalisasi adab yang mencakup dalam segala hal, sesuai dengan ketetapan serta ketentuan yang tidak bertentangan dengan syari’at Islam.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Attas, syed Muhammad Naquib. 1995. Prolegomena to The Metaphisics of Islam. Kuala Lumpur: ISTAC.

_______. 1984. Konsep Pendidikan Dalam Islam.

_______. 1989. Islam dan Filsafat Sains.

_______. 2001. Risalah untuk Kaum Muslimin.

Al-Mawdudi. 1967. The Process of Islamic Revolution. Lahore.

Al-Ghazali. Ihya Ulumuddin. Beirut: Darul Ma’rifah.

Aly, Abdullah. 2011. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al-Zayn, Syaikh Atif. 1989. al-Islam wa Idyulujiyyat al-Insan. Beiru: Dar al-Kitab al-Lubnani.

Arifin, Samsul. 2009. Studi Agama, Perspektif Sosial dan Isu-Isu Kontemporer. Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Ciputat: PT Logos Wacana ilmu.

Abdullah, M. Amiin. 2001. Pengajaran Kalam dan Teologi di Era Kemajemukan. Jurnal: Refleksi Pemikiran Keagamaan dan Kebudayaan.

Ajeeng, Nuraini. 2013. Multikulturalisme.https://nurainiajeeng.wordpress.Com 2013/01/06/ multikulturalisme. Diakses pada tanggal 02 Oktober 2018. Jam. 14.17 WIB.

Admin. 2012. Definisi Pendidikan Agama. https://zonependidikan.blogspot.Com /2012/06/definisi-pendidikan-agama pedidikan.html. Diakses pada tanggal 11, Oktober 2018. Jam. 14:36 WIB.

Admin. Pengertian Pendidikan Agama Menurut Islam. 2009. https:// mischanz. wordpress. Com/ 2009/12/16/pengertian-agama-menurut-islam. Diakses pada tanggal 24, Oktober 2018. Jam. 6:34 WIB.

Badaruddin, Kemas. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baidhawy, Zakiyuddin. 2005. Reinvensi Islam Multikultural. Surakarta: PSB-PS UMS.

_______. 2008. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga.

Bakar, Osman. 2008. Tauhid & Sains. Bandung: Pustaka Hidayah.

Banks, James A. 2002. Multicultural Education and Goals dalam James A. Banks and Cherry A. Mcgee Banks (eds), Multicultural Education; Issues and Perspectives. Amerika: Harvard University Press.

Cholil, Suhadi. 2008. Resonansi Dialog Agama dan Budaya. Yogyakarta: CRSCS.

Crowther, Jonathan, ed. 2010. Oxford Advanced Leaner’s Dictionary. New York: Oxford University Press.

Darras, Muhammad Abdullah. al-Din: Buhuts Mumahhadah li Dirasat Tarikh al-Adyan. Kuwait: Dar al-Qalam.

Dawam, Ainurrofiq. 2003. Emoh Sekolah: Menolak Kemersialisasi Pendidikan dan Kanibalisme Intelektual Menuju Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Inspeal.

Davies, Tony. 1997. Humanism. London: Routledge.

Edyar, Busman. 2003. RUU Sisdiknas dan Pemikiran Pluralisme Multikultural. Kompas: Edisi 31.

Freire, Paulo & Mangunwijaya, YB. 2007. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka.

_______. 2005. Pluralisme Agama: Haram (Fatwa MUI yang Tegas & Tidak Kontroversial). Jakarta Timur: Pustaka al-Kautsar.

_______. 2005. Wajah Peradaban Barat Dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekuler-Liberal. Jakarta: Gema Insani.

_______. 2009. Membendung Arus Liberalisme di Indonesia. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Haitami, Munzir. 2004. Mengonsep kembali pendidikan Islam. Pekan Baru: Infinite.

Admin. 2012. Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam https: //www. hidayatullah. com/kolom/catatan-akhir-pekan/read/2012/04/04/3767/multikulturalisme-dalam-pendidikan-agama-Islam.html Diakses pada tanggal 30 Oktober 2018. Jam. 23:27 WIB.

Husaini, Adian. 2009. Hegemoni Kristen-Barat Dalam Studi Islam di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gema Insani.

_______. 2009. Pancasila Bukan untuk Menindas Hak Konstitusional Umat Islam. Jakarta: Gema Insani.

_______. 2013. Filsafat Ilmu perpektif Barat dan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

_______. 2018. Pendidikan Islam: Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045. Depok: Yayasan Pendidikan Islam at-Taqwa Depok.

Irfan, Mohammad. HS. Mastuki. 2000. Teologi Pendidikan. Jakarta: Friska agung Insani.

Jawwad Ridha, Muhammad. 2002. Teori Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara wacana.

Jonathan Crowther (ed). 2010. Oxford Advanced Learner’s Dictionary, (New york: Oxford University Press.

Zarkasyi, Hamid Fahmy, et. 2016. Al. Islamic Science: Paradigma, Fakta dan Agenda. Jakarta: INSISTS.

_______. 2009. Liberalisasi Pemikiran Islam. Ponorogo: CIOS-ISID.

_______. 2010. Membangun Peradaban dengan Ilmu. Depok: KALAM Indonesia.

Zuhri, 2016. convergentive Design KurikulumPendidikan Pesantren (Konsep dan Aplikasinya). Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(1).15-23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats