Menggali Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah

Kharisma Romadhon, Nur Hidayat, Fildza Malahati, Afifah Rizki, Ika Fitriyati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pembentukan karakter yang dapat dibentuk melalui kegiatan keagamaan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan subjek penelitian ini adalah pembentukan karakter melalui kegiatan keagamaan. Lokasi survei ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di madrasah terdapat banyak kegiatan keagamaan antara lain sholat Dhuha secara berjamaah, hadroh, tahfidz Qur'an, dan Imtaq. Tentunya melalui kegiatan-kegiatan yang ada memberikan dampak yang positif bagi siswa dan bisa membentuk karakter anak dengan memperdalam relasi sosial keagamaan baik di dalam maupun di luar lingkungan madrasah. Kepribadian adalah ciri khas individu yang berupa tabiat, kepribadian, watak, dan tingkah laku yang diekspresikan dalam kehidupan sehari-hari. Keistimewaan yang dapat dibentuk dari kegiatan keagamaan ini adalah setelah menyelesaikan pendidikan di madrasah ini, anak-anak mampu mampu menghafal Al-Qur’an setidaknya satu Juz.


Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak. An Nisa’: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 12(1).

Afriana, S., & Hidayat, N. (2022). Internalisasi Nilai Keagamaan dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(2).

Andiarini, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan dalam Peningkatan Mutu Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2).

Anisah, N. (2019). Model Sekolah Aman Bencana Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter di MIN 1 Bantul. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(1), 9. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(1).9-20

Apriani, A., & Sari, I. P. (2020). Penguatan Karakter Nasionalisme Generasi Alphamelalui Living Values Education Program (LVEP). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), 67. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).67-79

Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan, 4(2).

Elihami, E. (2022). An Innovation of Character of Islamic Religious Studies Education Towards Education 4.0 in Elementary School: Bibliometric Reviews. Jurnal Basicedu, 6(1).

Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2).

Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(2).

Harun, C. Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3).

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1).

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2).

Hidayat, N., & Bujuri, D. A. (2020). The Implementation of Character Education in Islamic Boarding School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruna, 23(1).

Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman GLobal. PT Gramedia Widiasarana.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo.

Lickona, T. (2016a). Character Matters. PT Bumi Aksara.

Lickona, T. (2016b). Educating for Character. PT Bumi Aksara.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publishing.

Muslich, M. (2018). Pendidikan Karakter: Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Ofianto, O., & Ningsih, T. Z. (2021). Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Karakter Siswa SMA Negeri 1 Sungai Penuh. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 12(1), 58. https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(1).58-64

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).

Rama, H. P. B., & Naro, W. (2018). Kegiatan Keagamaan sebagai Pilar Perbaikan Narapidanan di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Diskursus Islam, 6(3).

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1).

Rusiyono, R., & Apriani, A.-N. (2020). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Pada Siswa SD. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 11. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).11-19

Sari, Y., Yustiana, S., Fironika, R., Ulia, N., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). The Design of Religious Value-Based Teaching Materials in Increasing Students’ Learning Achievement Elementary School. Jurnal Basicedu, 6(1).

Suwendra, W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Nilacakra Publishing House.

Syukri, I. I. F., Rizal, S. S., & Hamdani, M. D. Al. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(2).103-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats