Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 37 Konawe Selatan

sufiani sufiani, Aris Try Andreas Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan  Islam pada kelas VIII di SMP Negeri 37 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur penelitian dalam dua siklus dan beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumupalan data yang digunakan  yaitu observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Tes hasil belajar dilaksanakan untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang keadaan dan jumlah siswa yang akan diteliti pada kelas VIII SMP Negeri 37 Konawe Selatan yakni 33 siswa.  Dari hasil penelitian menunjukkan, siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas pada tes awal prasiklus sebanyak 14 siswa (42,42%) . Setelah pelaksanaan siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan hasil  belajar di atas nilai 70 sejumlah 23 siswa (69,70%). Selanjutnya setelah pelaksanaan siklus II, siswa yang memperoleh nilai di atas 70 berjumlah 29 siswa (87,88%) dan mencapai ketuntasan belajar secara kalsikal yakni di atas 80%.

Kata Kunci : Jigsaw, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.


References


Anggraini, Putri. Dewi, & Wulandari, Siti. Sri, 2021, Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Administrasi Perkantoran , Vol. 9. No.1, (2021).

Apliriani, Resha Sapti dkk, Rahmatiani L., & Susanto. E, 2020). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Buana Ilmu. Vol. 5 No. 1 (2020).

Aprinawati, Iis. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Min Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 2, No. 1,2018).

Arikunto, Suharsimi. (2015) Penelitian Tindakan Kelas (Edisi revisi). Jakarta : Bumi Aksara.

Arsana, I. Komang dkk, Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika, International Journal of Elementary Education, Vol.3, No, 2, (2019).

Astiti, Desak. Kadek Sri ., & Widiana. I Wayan, Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 1, No.1, (2017).

Fathurrohman, Muhammad, 2015, Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Herawati, Neti, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD Negeri 11 Ujan Mas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vol. 12, No. 1, (2020).

Indriyani. Vivi, Mei, Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Menigkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqhi Kelas V di MI Al-Khairiyah Kaliawi Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung, (Skripsi FTIK Prodi PGMI, (2017).

Isjoni, 2019, Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Istarani, 2014, Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Juniantari, I Gusti . Ayu. Sri., & Kusmariyatni, Ni. Nyoman, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Dasar, Vol. 3,No, 3, (2019).

Krisdiyanti, Dewi & Nuroso, Harto, Pengaruh Model Intergrated Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar, Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 7, No. 2, (2019).

Lubis, Nur Ainun, & Harahap, Hasrul, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Jurnal As-Salam, Vol. 1,No. 1, (2016).

Majid, Abdul, 2017, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman, 2018, Model–Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Cet. 7. Rajawali Pers.

Sufiani & Putra Aris Try Andreas, Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 23 Konawe Selatan, (Jurnal Literasi, Vol. XII, No.1, (2021), hlm.

Suprihatin, Dewi, & Hariyadi, Ahmad, Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol. 7, No. 4, (2021).

Septiannjari. Dinindya Egi Wulan, Implementasi Model Jigsaw dalam Pembelajaran PKn Kelas V di SD Negeri Jatimalang Kabupaten Purworejo, Jurnal Skripsi Universitas Ahmad Dahlan, Vol. 8. No. 9, (2019).

Yamin, Martinis, 2013, Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(1).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats