Pemanfaatan Smart Library (E-Perpus) bagi sekolah di Kota Bandung

Indrayani Indrayani, Dian Hidayati

Abstract


Indonesia sampai dengan 2022 masih mengkhawatirkan dalam hal minat membaca masyarakatnya. Buku belum ditempatkan sebagai benda penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor penyebab rendahnya minat membaca ialah minimnya ketersediaan media yang menarik. Di era digital ini, dibutuhkan media membaca yang juga digitalize. Sebagai alternatif solusinya, di sejumlah sekolah Kota Bandung tersedia aplikasi perpustakaan digital atau perpustakaan elektronik, salah satunya Smart Library. Penelitian ini berusaha mengungkap pemanfaatan aplikasi tersebut di sekolah Kota Bandung, terutama untuk meningkatkan minat baca guru-gurunya. Dengan mengetahui strategi pemanfaatan aplikasi tersebut, sekolah-sekolah lain bisa menjadikannya sebagai model aplikasi alternatif perpustakaan digital. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat baca guru di sekolah Kota Bandung yang menggunakan Smart Library. Peningkatan ini dipicu juga oleh pengadaan program literasi sekolah yang memanfaatkan manajemen sistem informasi yang sudah ada pada admin Smart Library. Sejumlah guru yang masih sungkan untuk menggunakan Smart Library terkendala oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya ialah rendahnya kepiawaian guru-guru yang berusia sepuh untuk membaca melalui media gawai. Faktor eksternalnya, mereka merasa tersibukkan oleh aktivitas administrasi kelas sehingga luput untuk membaca. Adanya media membaca tidak serta merta bisa meningkatkan minat membaca tanpa program literasi sekolah yang menarik dan motivasi yang kuat serta pengawasan yang ketat dari manajemen sekolah.


Full Text:

PDF

References


Antoro, B., Boeriswati, E., & Leiliyanti, E. (2021). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(1), 1–15.

Arnomo, I. (2018). Simulasi Pengamanan Database Web Server Repository Institusi Melalui Jaringan Lan Menggunakan Remote Access. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(1), 64–71.

Asmawati, L., Hidayat, S., & Atikah, C. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organizing Learning Environment (Sole) terhadap Kemampuan Literasi Guru Paud. Kwangsan, 9(1).

Astuti, F. Y., Faishol, R., & Trianingsih, R. (2020). Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap minat bacapada mata pelajaran SKI kelas XI Agama di MAN 2 Banyuwangi. XVIII.

Hadiapurwa, A., Novian, R. M., & Harahap, N. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Elektronik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Tingkat SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 36–48. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.38526

Hamzah, A. (2021). Penelitian Berbasis Proyek Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Kajian Teoritik & Contoh-contoh Penerapannya. CV Literasi Nusantara Abadi.

Hartawan, M. S. (2019). Analisa user interface untuk meningkatkan user experience menggunakan usability testing pada aplikasi android pemesanan test drive mobil. J. Teknol. Inf. ESIT, 14.

Hasanah, E. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. UAD PRESS.

Indarwati, E. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Teacher in Educational Research, 2(1), 1. https://doi.org/10.33292/ter.v2i1.60

Kumar, S., & Sandeep, K. S. (2020). The State of Android Security. Cyber Security in India. Springer, 17–22.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Laugi, S. (2018). Sistem Informasi berbasis Web dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan. Shautut Tarbiyah, 24(1), 109–126.

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun budaya literasi membaca dengan pemanfaatan media jurnal baca harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 127–135.

Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436

Mutiah, M. (2022). Kreativitas pustakawan dalam melaksanakan promosi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. UIN Antasari.

Nurbaiti, D. (2019). Perkembangan Ebook dalam industri penerbitan buku fisik serta pertumbuhan minat menulis buku. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Saadia, M., Saira Hanif, S., & Khalid, M. (2021). Reading habits of generation Z students in Pakistan: Is it time to re-examine school library services? Information Development, 37(3), 389–401.

Salma, A., & Mudzanatun, M. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17555

Sari, L., Samrin, S., & Karim, K. (2020). Problematika rendahnya minat baca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara. 1(1), 2.

Simarmata, J., Taufiq, M. E., Sidik, J., Saputra, R. W., Hapsah, S., Sari, A. C., & Monalisa, F. (2020). Pengantar Manajemen Sistem Informasi. Yayasan Kita Menulis.

Sudibyo, A. G. (2018). Pendahuluan Kerangka konseptual Revolusi Industri ke 4.

Suryanti, R., & Megawanti, P. (2022). Systematic literature review terhadap rendahnya minat baca di Indonesia. 4(1), 33–51.

Wardhana, R., & Pujianto, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Rak Buku Perpustakaan Universitas Amikom Yogyakarta. INTECHNO Journal-Information Technology Journal, 1(4), 29–33.

Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21.

Wijoyo, H. (2021). Sistem Informasi Manajemen. Insan Cendekia Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2023.14(2).57-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats