Pola Pembentukan Akhlak pada Pesantren Di Kalimantan Selatan

Muhammad Tambrin, Moch. Isra Hajiri, Fiska Ilyasir

Abstract


Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang tidak hanya berupaya untuk mentransmisikan ilmu dan pengetahuan, akan tetapi juga mendidik dan membentuk akhlak santrinya. Penelitian ini mengambil lokasi pada pesantren yang berada di dua kota pusat pendidikan Islam Kalimantan Selatan: Pesantren Darussalam di Martapura dan Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah di Amuntai. Pendekatan yang digunakan adalah fenomenologi dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumen. Kedua pesantren membentuk akhlak santrinya melalui pendidikan dan pengajaran (kurikulum), dan membuat lingkungan yang mendukung proses tersebut. Pesantren Darussalam merupakan pesantren salafiyah dengan corak tradisional tidak mengikat terlalu ketat santrinya dengan aturan-aturan. Tujuannya adalah akhlak itu terbentuk secara alami dan melekat pada diri santri. Adapun Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah yang bercorak modern menerapkan aturan-aturan  ketat yang dimaksudkan untuk membentuk kebiasaan baik bagi santrinya. 


References


A. Mustofa. (2017). Akhlak Tasawuf. Pustaka Setia.

Azra, A. (1999). Esai-esai intelektual Muslim dan pendidikan Islam (Cet. 1). Logos Wacana Ilmu.

Damanhuri. (2015). Implementasi Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v4i1.63

Dhofier, Z. (2011). Tradisi pesantren: Studi pandangan hidup Kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. LP3ES.

Hand, M. (2017). A Theory of Moral Education. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315708508

Hasil Pencarian—KBBI Daring. (n.d.). Retrieved July 17, 2021, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/akhlak

Humaidy, H. (2003). Punduk Darussalam dalam Lintasan Sejarah. Kandil, Edisi 1 Tahun I.

M. Abdul Mujieb, Syafi’ah, & H. Ahmad Ismail M. (2009). Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali. Hikmah.

Mastuhu. (1994). Dinamika sistem pendidikan pesantren: Suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. INIS.

Nata, A. (2010). Akhlak tasawuf. Rajawali Pers.

Raihanah, R. (2019, May 1). INTERNALISASI NILAI KEJUJURAN DI PESANTREN (Studi Pada Pondok Pesantren Ibnul Amin, Rasyidiyah Khalidiyah, dan Darul Hijrah, di Kalimantan Selatan). Pasca Sarjana. https://idr.uin-antasari.ac.id/14758/

Ridhahani. (2013). Transformasi nilai-nilai karakter akhlak dalam proses pembelajaran. LKiS.

Saihu, S. (2020). Etika Menuntut Ilmu Menurut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’allim. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(1), 99–112. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.43

Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510

Sauri, S. (2017). NILAI KEARIFAN LOKAL PESANTREN DALAM UPAYA PEMBINAAN KARAKTER SANTRI. Nizham Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 21–50.

Sawaty, I., & Tandirerung, K. (2018). Strategi Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren. Al-Mau’izhah: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 1(1), Artikel 1. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/view/6

Umami, S. R., & Amrulloh, A. (2017). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Santri Putri Asrama X Hurun Inn Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 112–129. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/1019

Warasto, H. N. (2018). Pembentukan Akhlak Siswa. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 2(1), 65–86. https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i1.32




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2022.13(2).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats