Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Puisi Rakyat Kelas VII di SMPN 35 Palembang.

ST Fianda Kirana, Hetilaniar Hetilaniar, Juaidah Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Puisi Rakyat Kelas VII di SMP Negeri 35 Palembang. Penelitian pengembangan ini mengikuti langkah kerja dari model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian adalah siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 35 Palembang dengan jumlah 10 siswa untuk uji coba kelompok skala kecil dan 34 siswa untuk uji coba lapangan skala besar. Berdasarkan hasil dari penelitian membuktikan bahwa produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Puisi Rakyat yang dikembangkan memenuhi aspek kelayakan materi dengan presentase nilai 89% berkategori sangat valid, aspek kelayakan bahasa berkategori sangat valid dengan presentase nilai 91% dan aspek kelayakan media dengan presentase nilai 97% juga berkategori sangat valid. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa produk Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) yang dikembangkan memperoleh presentase nilai rata-rata sebesar 92% menunjukkan kategori sangat valid dan layak untuk digunakan.


Full Text:

PDF

References


Affandi, M., & Badarudin. (2011). Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar . Bandung: Penerbit Alfabeta.

Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Effendi, D., & Hetilaniar. (2019). Pandangan Pengarang dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra serta Implikasinya dalam Pengajaran Sastra. Jurnal Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 62.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Depelopment . Malang: Literasi Nusantara.

Hanan, A. (2020). Puisi Lama Mengenal Warisan Kebudayaan Nusantara. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Helmizan. (2013). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Ilmu Penegetahuan Sosial Model Inkuiri Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 13 Nyayum. Artikel Penelitian , 8.

Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Nobel Edumedia.

Ma'arif, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Kreatif Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X SMA N 1 Belitang III. Skripsi, 45.

Masyithah, D. C. (2017). Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal EdFisika Vol. 02 No. 01, Juli 2017, 52-53.

Melinia, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Di SMA Sriguna Palembang. Skripsi, 102.

Mulyadi, Y., Andriyani, A., & Fajwah, A. M. (2016). Intisari Sastra Indonesia Untuk SMP dan SMA. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Nurdiansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pendidikan, K. K. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, 15.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, B. A., & Putri, D. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Banten: Penerbit Universitas Terbuka.

Purnowo, U. (2008). Penilaian Standar BSNP. Standar Penilaian Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP).

Raharja, B. A. (2009). Belajar Berbalas Pantun. Surabaya: PT. Temprina Media Grafika.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan : Lembaga Akademik dan Research Institute.

Rianti, F. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pembelajaran Momentum dan Implus Berbasis Inkuiri Termbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi, 52.

Riduwan. (2020). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sabastian, M. (2020). Ciri dan Karakteristik Pantun. Tangerang: Penerbit Citralab.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Penerbit Pustaka Ramdhan.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiarto, E. (2011). Siap Ujian Bahasa Indonesia Khusus puisi Lama. Yogyakarta: Khitah Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Penerbit Afabeta.

Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen : Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Guepedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).91-99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats