Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengguunaan Media Kartu (Flash Card) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Alim Maligano Kabupaten Muna

aris try andreas putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu (flash cards) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Alim Maligano Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur penelitian dalam dua siklus dan beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumupalan data yang digunakan  yaitu observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas peneliti dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Tes hasil belajar dilaksanakan untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang keadaan dan jumlah siswa yang akan diteliti pada kelas VIII MTs Al-Alim Maligano Kabupaten Muna. Dari hasil penelitian maka siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas pada tes awal prasiklus sebanyak 5 orang dengan rata-rata 32,61 dan  persentase 23,80 %. Setelah pelaksanaan siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan hasil  belajar di atas nilai 70 sejumlah 11 orang dengan rata-rata 63,80 dan persentase 52,38 %. Selanjutnya setelah pelaksanaan sikuls II, siswa yang memperoleh nilai 70 keatas berjumlah 17 orang dengan rata-rata 73,80 dan persentase 80,95 %. 

 

Kata Kunci : Hasil Belajar,  Media Kartu (Flash Cards), Al-Qur’an Hadits


Full Text:

PDF

References


Adzim, Ahc. Faudzul Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Huda Persada Mandalawangi Pandeglang, Skripsi, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2018.

Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2014.

Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta : 2012

Arsyad, Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2015

Azabdaftari DKK, Comparing, Vocabulary Learning of EFL Learners by Using Tho Different Strategies : Mobeli Learning vs Flashcard. Dalam the Eurocall Review. Volume 20, Iran.

Carcella, Angels DKK, Designing a Flashcard with Knowlegde Pills for Learning to Solve.

Echols, John M dan Hassan Sadily, Kamus Inggris- Indonesia, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1996.

Ekawana, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : GP Press, 2009.

Jihad, Asep, dan Haris, Abdul, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2010.

Mulyani, Sri, Penggunaan Media Kartu (Falsh Card) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri I Kaliwunggu, Jurnal Profesi Keguruan, No. 2 Volume 3 2017.

Pardede, Andi Gohan, Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android,Yogyakarta : Un. Yogyakarta, 2014.

Purwanto, Ngalim, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2014.

Tim Penyusun KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Pustaka Bahasa, 2008.

Tetambe, Ahmad Ghifari Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Media Flash Card dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Konawe,Skripsi, IAIN Kendari, 2016.

Widiawati, Sri, Pengembangan Media FlashCard pada Mata Pelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN 3 Batu Kumbung, Skripsi, Univ. Muhammadiyah Mataram, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2022.13(2).177-191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats