Analisis Hambatan Belajar Tatap Muka Terbatas Selama Masa Pandemi Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung Pembagian Kelas IV A di SD Negeri Mejing 2 Ambarketawang Gamping

Fildza Malahati, Maemonah Maemonah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pendidikan yang sangat terbatas dikarenakan pandemi Covid-19 dan kebijakan PPKM, sehingga interaksi belajar konvensional berubah menjadi daring yang menyebabkan beberapa peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penyebab kesulitan belajar matematika operasi hitung pembagian yang disebabkan oleh dua faktor, yaitu lingkungan sekolah yang sangat terbatas dan kondisi psikis pada diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, sedangkan subjek penelitiannya adalah seorang wali kelas dan 30 peserta didik kelas IVA SD Negeri Mejing 2. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen tes, angket dan wawancara sampel secara acak. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Peneliti memfokuskan tiga klasifikasi kesulitan belajar demi mengoptimalkan penelitian ini. Ditemukan, 13,3% peserta didik yang mengalami gejala learning disorder dengan gejala kesulitan memahami konsep, materi dan rumus pelajaran. Kemudian, 26,6% peserta didik mengalami learning disfunction yang ditunjukkan dengan indikator capaian nilai yang berada dibawah KKM serta motivasi belajar rendah. Terakhir, ditemukan 46,6% lainnya mengalami gejala under achiever yaitu kemampuan belajar rata-rata dengan nilai KKM.. Berdasarkan dengan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa beberapa peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika operasi pembagian di SD Mejing 2 selama pandemi.

Kata Kunci: Kesulitan belajar, Operasi Hitung Pembagian, Faktor Kesulitan Belajar


Full Text:

PDF

References


Ajizah, R. A., Maemonah, M., & ’Ulya, A. R. (2021). Peran Home Visit Untuk Mengatasi Hambatan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Normal Islam Rakha. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 74. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.742

Ardy Lestary Awaluddin Rasyid. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Aro, T., Eklund, K., Eloranta, A. K., Ahonen, T., & Rescorla, L. (2021). Learning Disabilities Elevate Children’s Risk for Behavioral-Emotional Problems: Differences Between LD Types, Genders, and Contexts. Journal of Learning Disabilities. https://doi.org/10.1177/00222194211056297

Arrhenius, B., Gyllenberg, D., Vuori, M., Tiiri, E., Lempinen, L., & Sourander, A. (2021). Relative age and specific learning disorder diagnoses: A Finnish population‐based cohort study. In JCPP Advances (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.1111/jcv2.12001

Atieka, N. (2016). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 2 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM Metro, 1(May), 31–48.

Bowan, M. D. (2002). Learning disabilities, dyslexia, and vision: A subject review - A rebuttal, literature review, and commentary. Optometry, 73(9), 553–575.

Bukhori, I. (2018). Metode Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Pada Siswa Kelas Rendah (Studi Pada Mi Di Mwcnu Lp. Maarif Kraksaan). Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i1.756

Bušelić, M. (2017). Distance Learning – concepts and contributions. Oeconomica Jadertina, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.15291/oec.209

Chaterine, R. N. (2020). Siswa belajar dari rumah, KPAI: Anak-anak stres dikasih banyak tugas.

Chere, N. E., & Hlalele, D. (2014). Academic underachievement of learners at school: A literature review. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(23), 827–839. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n23p827

Cindy Mutia Annur. (2022). Total Kasus Covid-19 Indonesia Urutan ke-4 Terbesar di Asia. Total Kasus Covid-19 Indonesia Urutan ke-4 Terbesar di Asia

Endang Sulistyowati. (2009). Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika SD/MI. Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol 1(1), hlm 59.

Fithri, R. (2016). Psikologi Pendidikan. Buku Perkuliahan Psikologi Pendidikan Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, 1–164. http://digilib.uinsby.ac.id/20086/1/Psikologi belajar.pdf

Haerullah. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal. Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal, 192.

Henruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (p. 15). PT Remaja Rosdakarya.

Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, P. S. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Malang.

Ibnu, I. F., Saleh, U., & Hidayanti, H. (2020). Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah yang Mengikuti Pendidikan Taman Kanak-Kanak dengan yang Tidak Mengikuti Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Jurnal Psikogenesis, 8(1), 45–55.

Joko Siswoyo. (2015). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika Pokok Bahasan Luas Bangun Datar Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sinduadi Mlati Sleman. Jurnal Teknologi Pendidikan, vol IV(5), hlm 2.

Kemendikbud RI. (2021). Serba-Serbi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Wilayah PPKM Level 3. Serba-Serbi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Wilayah PPKM Level 3

Kompas. (2022). Daftar Lengkap Daerah PPKM Level 1 sampai 4 Se-Indonesia mulai 15 Maret 2022. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/15/09550811/daftar-lengkap-daerah-ppkm-level-1-sampai-4-se-indonesia-mulai-15-maret-2022?page=all

Korikana, A. (2020). “Slow Learners- a Universal Problem and Providing Educational Opportunities To Them To Be a Successful Learner.” PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.20319/pijss.2020.61.2942

Ladubasari, E., & Sriastria, W. (2018). Perkembangan Emosi pada Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional FKIP UMC, April 2018, 1–6. https://www.academia.edu/40664619/Perkembangan_Emosi_Pada_Anak_Sekolah_Dasar?from=cover_page

Masyithoh, D., & Arfinanti, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Pada Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 160–167.

Muhibbin Syah. (2015). Psikologi Belajar (p. 45). Rajawali Pers.

Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128.

Munirah. (2015). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa The Role of Teachers in Overcoming Students’ Learning Difficultie Munirah. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3(2), 103–111. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/288

Muntari. (2015). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SD Mujahidin 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–16.

Nari, N., & Musfika, A. P. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik. IAIN Batusangkar, 1, 311–320. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/viewFile/653/643

Nur Hidayah. (2017). Psikologi Pendidikan (pp. 85–119). Universitas Negeri Malang.

Nuraeni, & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 24.

Oemar Hamalik. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran (p. 57). Bumi Aksara.

Oktavianti, R. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pembagian Bilangan Cacah melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas II SD Inpres 3 Palasa. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(4), 41–54.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Paul Suparno. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget (p. 149). Kanisius.

Prijowuntato, S. W., & Wardhani, A. M. N. (2021). Analisis Kesan, Tantangan, Hambatan, dan Harapan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 33. https://doi.org/10.24036/011121780

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413

Supena, A., & Munajah, R. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 10–18. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.558

Syarifan Nurjan. (2016). Psikologi belajar. Wade Group.

Untari, E. (2014). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13, 1–8.

Zubaidah Amir, Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran matematika (p. 4). Aswaja Presssindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).63-77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats