Hubungan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Karanggayam

Nur Ari Marlina, Martalia Ardiyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat membaca siswa dan untuk menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara minat membaca dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III SD Karanggayam baik secara parsial maupun secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Karanggayam tahun pelajaran 2018/2019 dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket untuk mengukur minat membaca, sedangkan untuk prestasi belajarnya didapat dari nilai ulangan siswa pada mata pelajaran IPS. Data yang terkumpul di analisis menggunakan korelasi person dengan program aplikasi komputer SPSS Versi 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, minat membaca siswa SD Karanggayam masuk dalam kategori cukup baik dilihat dari hasil tabulasi angket yaitu sebesar 76%. Dilihat dari hasil setiap indikator minat membaca, pada kategori kesenangan membaca menunjukkan kategori cukup baik sebesar 76% atau 16 siswa, indikator kesadaran manfaat membaca menunjukkan kategori cukup sebesar 81% atau 17 siswa dan indikator frekuensi membaca menunjukkan kategori baik sebesar 62% atau 13 siswa. Kedua, Koefisien Pearson menunjukan hasil nilai signifikansi sebesar 0,581 dengan taraf signifikan 5% atau dapat dikatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat membaca dengan prestasi belajar IPS siswa SD Karanggayam.

Full Text:

PDF

References


Amelia, Tia Ulfa, ‘FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BACA SISWA SD NEGERI 125 PEKANBARU’, Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2020

Arnold, R.M., Prijana, and Sukaesih, ‘Potensi Membaca Buku Teks’, Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2015

Asmara, Prestasi Belajar (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

Azwar, Saifuddin, Penyusunan Skala Psikologi (Ed.2), Pustaka Pelajar, 2012

Azwar, Saifudin, Tes Prestasi, Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar, Pustaka Pelajar, 2015

Djaali, and Pudji Muljojo, Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, PT. Grasindo, 2008

Elendiana, Magdalena, ‘Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar’, Junal Pendidikan Dan Konseling, 1.2 (2020), 63–68

Hernowo, Mengikat Makna Update : Membaca Dan Menulis Yang Memberdayakan, ed. by Budhyastuti (Bandung: Kaifa, 2009)

Indriyani, Melinda, ‘Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Terhadap Masyarakat Agar Dapat Membangun Masa Depan Yang Diinginkan’, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kota Metro, 2018 [accessed 29 July 2020]

Martin, Michael O, Ina V S Mullis, and Ann M Kennedy, PIRLS 2006 Technical Report, TIMMS & PIRLS International Study Center, 2007

Prasetya, Riyadi Dwi, ‘Membangun Kesadaran Aktif Membaca Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa’, 4.1 (2013), 26–38

Pratiwi, Anggi, and Eflinnida Nurul Komaril Asyarotin, ‘Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Sebagai Solusi Disinformasi Pada Generasi Millennial Di Indonesia’, Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7.1 (2019), 65–80

Rahim, F, Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar, Bumi Aksara, 2007

Riady, Yasir, ‘LITERASI INFORMASI SEJAK DINI: PENGETAHUAN BARU BAGI ANAK USIA DINI’, JIV, 2013

Rosidi, Ajip, Pembinaan Minat Baca: Bahasa Dan Sastera, ed. by Adriyani Kamsyach (Bandung, 2016)

Sapriya, Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran, Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R & D (Bandung: ALFABETA, 2015)

———, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: ALFABETA, 2015)

Tarigan, Henry Guntur, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Ed.Revisi), Revisi (Bandung: CV Angkasa, 2015)

Windrawati, Wiyani, Harun Gafur, Program Studi Pgsd, Universitas Pendidikan, and Muhammadiyah Sorong, ‘Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong’, 2.1 (2020), 10–16




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2021.12(1).1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats