Model Pengajaran Sistem Perilaku: Belajar Dari Simulasi

Sepma Pulthinka Nur Hanip, Fatah Saiful Anwar, Ahmad Salim

Abstract


Artikel ini membahas terkait pentingnya pembelajaran yang terintegrasi antara dunia belajar anak dengan realitas kehidupan yang melingkupinya. Artikel ini ditulis berdasarkan pentingnya penekanan pada model pembelajaran yang mengarah pada peningkatan daya kognitif, afektif mapun psikomotorik secara komprehensif. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah melalui pembelajran sistem perilaku yakni belajar dari simulasi. Metode penelitian yang dipakai adalah library research (studi kepustakaan) dengan cara mengumpulkan buku, jurnal, maupun lainnya seputar isu utama dalam penelitian. Analisis data secara  induktif, tema dibangun dari bawah ke atas (induktif) kemudian mengolah data ke dalam unit-unit informasi yang lebih abstrak, hal ini perlu dilakukan berulang-ulang agar peneliti dapat membangun tema secara utuh. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran simulasi bisa dijadikan salah satu cara dalam sistem pembelajaran yang komprehensif, di mana guru dituntut untuk berpikir kritis terkait pembelajaran. Ada empat hal pokok: menjelaskan, penengah, pembina, berdiskusi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Salim. “Manajemen Pendidikan Karakter Di Madrasah (Sebuah Konsep Dan Penerapannya).” Tarbawi 1 (2015): h. 1-16.

Azra, A. “Pendidikan Akhlak Dan Budi Pekerti: Membangun Kembali Anak Bangsa.” Jurnal Pendidikan Akhlak 20, no. 1 (2001): 25–29.

Baek Youngkyun, David, and Gibson. Digital Simulations for Improving Education: Learning Through Artificial Teaching Environments. New York: Information Science Reference, 2009.

Bakker, Anton. Metode Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Cahdriyana, Rima Aksen. “Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika” XI, no. 1 (2020): 33–35.

Chinn, Clark A. Educational Psycology: Understanding Students’ Thingking. United States: Rutgers University, 2011.

Creswell, John. Research And Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. 4 (empat). Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2014.

Dkk, Bruce Joyce dkk. Models of Teaching (Edisi Kedelapan) Terj. Achmad Fawaid Dan Ateilla Mirza. 8 (delapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Ekonomi, Jurnal. “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMIKA MIKRO Daru Wahyuni Kiromim Baroroh” 9, no. April (2012): 102–22.

Fahyuni, Nurdyansyah dan Eni. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

Hartono, Rudi. “Pola Komunikasi Di Pesantren: Studi Tentang Model Komunikasi Antara Kiai, Ustadz, Dan Santri Di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan,” 2016. http://ejournal.iain-surakarta.ac.id/index.php/al-balagh.

Heinrich, Paul and. When Role-Play Comes Alive: A Theory and Practice. Singapore: Palgrave Macmillan, 2018.

Hoover, J Duane, Robert C Giambatista, and Lori Tribble. “An Organizational Development Approach to Experiential Learning with Millennials Journal” 43, no. 2007 (2016): 27–31.

Joyce, Bruce. Models of Teaching. New Jersey: Upper Saddle River, 2003.

Kalijaga), P Yunita - JISKA (Jurnal Informatika Sunan, and undefined 2019. “SPK PEMILIHAN BANTUAN BEDAH RUMAH PADA KELURAHAN PURNAMA MENGGUNAKAN METODE SAW.” Conference.Uin-Suka.Ac.Id. Accessed September 28, 2020. https://conference.uin-suka.ac.id/saintek/JISKA/article/view/1520.

Karen, Counsell and. Virtual Learning for the Real Word: Using Simulation with Non-Law Student, Dalam Caroline Strevens, Dkk (Ed.), Legal Education: Simulation in Theory and Practice. England: Ashgate Publishing Limited, 2014.

Mahulae, P, and M Sirait. “_ The Effect of Inquiry Training Learning Model Using PhET Media and Scientific Attitude on Students@_ Science Process Skills _,” 2017.

Martyn, Long, Dkk. The Psychology of Education. New York: Routladge, 2011.

Meningkatkan, Untuk, Hasil Belajar, and Fisika Di. “Metode Diskusi Kelompok Berbasis Inquiriuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Di Sma.” Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 0, no. 1 (2013).

Milson, Andrew J., and Lisa M. Mehlig. “Elementary School Teachers’ Sense of Efficacy for Character Education.” Journal of Educational Research 96, no. 1 (2002): 47–53. https://doi.org/10.1080/00220670209598790.

Nguyen, Van-hanh, Frederic Merienne, and Jean-luc Martinez. “Science Arts & Métiers ( SAM ) Is an Open Access Repository That Collects the Work of Arts et Métiers ParisTech An Efficient Approach for Human Motion Data” 11 (2010): 358–68.

Riyan Rosal, and Yosma Oktapyanto. “Penerapan Model PEmbelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar.” Jpsd 2, no. 1 (2016): 96–108.

Robinson, Robert Rboert, Ronald K Mitchell, and J Duane Hoover. “Implementing Mental Models: Extending Insight and Whole Person Learning.” Developments in Business Simulation and Experiential Learning 40 (2013): 388–92. http://absel-ojs-ttu.tdl.org/.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).113-123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats