Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Santri

Lathifatul Izzah

Abstract


This paper aims to describe and analyze the process and implications of the implementation of Islamic religious education learning in santri families in Wonolelo village, Pleret district, Bantul district. Qualitative methods with the type of case study research are used to reveal these expectations. Data collection was carried out by observation, interviews, and documentation. The collected data were analyzed by analytical induction.

The process of implementing Islamic religious education learning in the santri family can be carried out through planning, implementation and evaluation. The third process can be successful, influenced by various factors. Among them are materials, methods, environment, technology, and cooperation or cohesiveness between family members, especially both parents. Finally, family education can have an impact or have implications for the character of family members, especially children as themselves, relating to Allah, the Lord of the Universe, God's fellow creatures.

 

Keywords: Implimentation, learning, Islamic religious education, santri families


Full Text:

PDF

References


Abdul Khobir, Filsafat Pendidikan Islam: Landasan Teoritis dan Praktis, Pekalongan: STIAN Pekalongan Pres, 2007.

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007

Abdurrahman An Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Gema Pres Insani

Ahmad Salim, Integrasi Nilai-nilai Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Studi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, (Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Agama Alma Ata, 2015

Al-Qur’an, Surat Ar-Rum/30: 39.

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Ciputat Press: 2002

Asep Usmani Ismail, Menata Keluarga, Memperkuat Negara dan Bangsa Kiat Mewujudkan Keluarga Sakinah, Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI: Puslitbang Lektur dan Khasanah Keagamaan, 2011.

Atang Abd. Hakim, Jaih Mubarok, Metode Study Islam, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2009

Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Dep. Pend.,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet, ke 1, Jakarta: 2000

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.

Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipt, 1997.

Hasan Basri, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009

Helmawati, Pendidikan Keluarga : Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Heri Gunawan, Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Jacques Delors, Education for the Twenty First Century: Issues and Prospects, dalam www.unesco.org, pada 2 Januari 2020

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Juwariyah, “Pengertian dan Komponen-komponen Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus dan Muhammad ‘Athiyah al Abrasyi (Tinjauan Analisis Kritis)”, jurnal Muqadimmah, Vol. XV, No. 26. Januari – Juni 2009

Lexy J. Moleong, Metodologi Pendidikan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya, 2002

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1994, cet. Ke-3.

M. Djunaidi Ghony dan Fauzan Al Manshur, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012

Maskuri Bakri dan Dyah Werdiningsih, Membumikan Nilai Karakter Berbasis Pesantren, Belajar dari Beast Practice Pendidikan Karakter Pesantren dan Kitab Kuning, Jakarta: Nirmana Media, 2017.

Moh Haitami Salim, Pendidikan Agama dalam Keluarga, Bandung: Ar-Ruzz Media, 2013

Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2013.

Muh. Sain Hanafy, Jurnal Pendidikan: Konsep Belajar dan Pembelajaran, Lentera Pendidikan, Vol. 17 No. 1 Juni 2014: 66-79.

Nur Ahid, Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam, Yogyakarta : Pustaka Persada, 2010.

Nur Ahid, Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Nur Ahid, Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Nur Hidayat, Akidah Akhlak dan Pembelajaranya, Yogyakarta:Penerbit Ombak, 2015

Peraturan Pemerintah RI No. 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan

Samsul Munir Amin, Menyiapkan Masa Deoan Anak Secara Islami, Jakarta: Amzah, 2007

Soedijarto, Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita, Jakarta: Kompas, 2008

Sri Winarsih, Implementasi Model Paikem dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih, Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Alma Ata, 2015

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.

Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1997.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Yogyakarta, Fak. Psikologi UGM, 1986.

Undang-Undang SISDIKNAS Nomor 20 tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2011.

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008

Zakiah Drajat, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren Studi Tentang Padangan Hidup Kyai, Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan Ekonomi dan Sosial, 2009

Hasil Observasi

Observasi yang dilakukan di desa wonolelo pada tanggal 25-28 Maret 2018.

Observasi yang dilakukan dari tanggal 01 Februari 2018.

Observasi, yang dilakukan dari 15 – 25 Januari 2018

Observasi, yang dilakukan dari tanggal 15-17 Desember 2017

Hasil Observasi

Wawancara dengan Bapak Akhmat Farid selaku tokoh masyarakat desa Wonolelo pada tanggal 6 April 2018 jam 19.30 WIB

Wawancara dengan Bapak Akhmat Farid selaku tokoh masyarakat desa Wonolelo pada tanggal 6 April 2018 jam 19.30 WIB

Wawancara dengan Bapak Khairil Anwar Efendi selaku kasi pelayanan di Desa Wonolelo dan Bapak Lutfi Amani selaku kepala padukuhan Dusun Ploso pada tanggal 28 Maret 2018.

Wawancara dengan Bapak Khairil Anwar Efendi selaku kasi pelayanan di Desa Wonolelo pada tanggal 28 Maret 2018 pada pukul 13.00 WIB

Wawancara dengan Bapak Komar selaku tokoh masyarakat desa Wonolelo pada tanggal 5 April 2018 jam 17.00 WIB

Wawancara dengan Bapak Zuhdi Suhardi selaku tokoh masyarakat pada tanggal 10 April 2018 pada pukul 20.30 WIB

Wawancara dengan Ibu Habibah selaku ustadzah di desa Wonolelo pada tanggal 1 April 2018 jam 20.00 WIB.

Wawancara dengan Ibu Nurul Islamiyah selaku ustadzah di desa Wonolelo pada tanggal 2 April 2018 pada pukul 17.00 WIB

Wawancara dengan Ibu Nurul Islamiyah selaku ustadzah di desa Wonolelo pada tanggal 22 April 2018 pada pukul 13.00 WIB

Wawancara dengan Ibu Robaniyah selaku ustadzah desa Wonolelo pada tanggal 9 April 2018 jam 15.00 WIB

Wawancara dengan Ibu Sulthonah pada tanggal 20 April 2018 jam 20.00 WIB

Wawancara dengan Ibu Sulthonah selaku pengasuh pondok pesantren binaul ummah pada tanggal 4 April 2018 jam 20.00 WIB.

Wawancara dengan Ibu Umi selaku warga masyarakat desa Wonolelo pada tanggal 3 April 2018 pada pukul 17.00 WIB

Wawancara pre reserch dengan Bapak Rizal, pada hari senin tanggal 15 Januari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).104-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats