Identifikasi Kegiatan Belajar Siswa Ditinjau dari Minat dan Motivasi di Sekolah Dasar

Suci Okta Piyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan motivasi siswa di SD Negeri 13/I Rengas Condong dan SD Negeri 80/I Muara Bulian dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian survei. Penelitian ini melibatkan 95 SD Negeri 13/I Rengas Condong dan SD Negeri 80/I Muara Bulian yang didaptkan berdasarkan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuisioner minat dan motivasi siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan mendeskripsikan hasil berupa Mean, Median, Mode, Nilai Minimum dan Nilai Maksimum. Hasil analisis yang diperoleh pada angket minat memperoleh kategori yang dominan pada kategori baik sebanyak 74 siswa dengan persentase 77,9%. Sementara hasil analisis yang diperoleh pada angket motivasi dominan pada kategori baik sebanyak 84 siswa dengan persentase 88,4%. Berdasarkan hasil tersebut siswa SD Negeri 13/I Rengas Condong dan SD Negeri 80/I Muara Bulian memiliki minat dan motivasi yang baik dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.2832

Astalini, Kurniawan, D. A., & Sumaryanti. (2013). SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN FISIKA DI SMAN KABUPATEN BATANGHARI. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 59–64.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Suryani, A., & Lestari, A. (2018). An Identification of Physics Pre-Service Teachers’ Science Process Skills Through Science Process Skills-Based Practicum Guidebook. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 239. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2690

Djaali. 2013. Psikolog Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Djidu, H., & Jailani, J. (2018). Developing problem based calculus learning model. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 68. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.12689

Kerlinger, Freed N. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2014

Kompi. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2019). Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(1), 124–139. https://doi.org/10.22373/jid.v19i1.4198

Kurniawan, D. A., Maretika, L. D., Dasar, S., & Jambi, U. (2018). IPA TERHADAP CALON GURU SEKOLAH DASAR PGSD FKIP. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(2), 41–49.

Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Maison, Astalini, Kurniawan, D. A., & Sholihah, L. R. (2018). DESKRIPSI SIKAP SISWA SMA NEGERI PADA MATA PELAJARAN FISIKA. EDUSAINS, 10(1), 160–167.

Pujiastuti, P., Kawuryan, S. P., & Ambarwati, U. (2017). EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. JURNALKEPENDIDIKAN, 1(2), 187–199.

Siti Nurhasanah, & A.Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 135–142. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/3264/2338

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung : Alfabeta Cv.

Suyono, Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).57-62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats