Penguatan Karakter Nasionalisme Generasi Alphamelalui Living Values Education Program (LVEP)

An-nisa Apriani, Indah Perdana Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang cara menguatkan karakter nasionalisme generasi alpha di era digital melalui Living Values Education Program (LVEP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa buku-buku ilmiah, jurnal ilmiah, laporan penelitian, dan sumber lain yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian meliputi tiga tahapan, organize, synthesize, dan identify. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai LVEPyang mencakup nilai kerjasama, kebebasan, kebahagiaan, kejujuran, kerendahan hati, cinta, kedamaian, penghargaan, tanggung jawab, kesederhanaan, toleransi,dan persatuan memiliki relevansi yang kuat dalam penanaman karakter nasionalisme generasi alpha di era digital. Aktivitas nilai-nilai LVEP yang meliputi kegiatan refleksi, berimajinasi, berdialog, berkomunikasi, berkreasi, membuat tulisan, menyatakan diri lewat seni, dan bermain dengan nilai-nilai yang diajarkan dapat dijadikan sebagai program inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk penguatan karakter nasionalisme anak-anak generasi alpha di era digital darisajian informasi dan budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.


Full Text:

PDF

References


Aman, Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak, 2011.

Anonim. “Nasionalisme di Era Digital.” Diunduh pada tanggal 28 Agustus 2019. Dari http://www.tribunnews.com/nasional/2016/03/29/nasionalisme-era-digital.

An Ras Tri Astuti, dkk. “Tantangan Parenting dalam Mewujudkan Moderasi Islam Anak.” Jurnal Al-Maiyyah, no 2 (2018).

Apriani, An-NisadanYusinta Dwi Ariyani. “Analisis Muatan Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Buku Teks KTSP PKn Kelas 3 SDELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an), no 2 (2017).

Apriani, An-Nisa, Indah Perdana Sari, dan Intan Kurniasari Suwandi. “Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD Dalam Pembelajaran Tematik.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, no 2 (2017).

Arafik, Muhammad. 2010. Living Values Education Program dalam pembelajaran sastraanak untuk meningkatkan nilai-nilaibudi pekerti siswa SD. Tesis, tidakditerbitkan. Yogyakarta: ProgramPascasarjana Universitas NegeriYogyakarta.

Arifudin, Iman Syahid. “Peranan Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas V Sdn 1 Siluman.” Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, no 2 (2015).

Budhiman, Arie. “Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter.”Diunduh pada tanggal 24 Agustus 2019. Dari cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/ content/download/44.

Dhiah Intan Permataputri. “Penerapan Living Values Education Program (LVEP) Di Ra Tiara Chandra, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 10 Tahun ke-5 (2016). Di unduh pada tanggal 29 Agustus 2019. Darihttp://www.e-jurnal.com/2017/05/penerapan-living-values-education.html

Gazali, Erfan. “Pesantren Di Antara Generasi Alpha Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0.”Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, no 2 (2018).

Harahap, Nursapia. “Penelitian Kepustakaan.” Jurnal Iqra’, no 1 (2014).

Hasan, Yetri dan Firdaos,Rijjal. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung.”Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, no 2 (2018).

Hendrastomo, Grendi. “Nasionalisme vs Globalisasi ‘Hilangnya’Semangat Kebangsaan dalam Peradaban Modern.” DIMENSIA, no.1 (2005).

Indrayana, Marissa, Aryanto, Hendro,dan Christianna, Aniendya. “Perancangan Buku Interaktif Pembelajaran Pengembangan Karakter Pada Generasi Alpha”. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 10. (2018).

Istiqomatunnisa, Nurul, Kuswandi, Dedi, danAnselmus JE Toenlioe. “Aplikasi Android Al-Amtsal (Kisah Teladan) Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Kisah Al-Quran Dengan Cerita Animasi Bagi Anak Generasi Alpha.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, no 1 (2018).

Kemendikbud Republik Indonesia, 2016. Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan

Karakter (PPK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud Republik Indonesia, 2017. Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan

Karakter (PPK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Khatibah, Khatibah. “Penelitian kepustakaan.” Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, no 1 (2011).

Miftahuddin. “Nasionalisme Indonesia: Nasionalisme Pancasila.” Mozaik: JurnalIlmu-ilmu Sosial dan Humaniora, 4, 120. (2008).

Nurhaidah Musa, M. Insya. “Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia”. Jurnal Pesona Dasar, no.3 (2015).

Nasirudin. “Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pendidikan Karakter Generasi Muda Bangsa.” Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, no 1 (2017).

Purnomo, Sigit. “Pengasuhan Digital Untuk Anak Generasi Alpha.” Al Hikmah Procedings on Islamic Early Childhood Educatiion, no 4 (2018).

Rachmadyanti, Putri. “Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kearifan Lokal.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, no 2 (2017).

Rufaidah, Anne. “Menyongsong Tantangan Nasionalisme di Era Digital.” Diunduh pada tanggal 20 Agustus 2019. Dari https://kemahasiswaan.itb.ac.id/welcome/tampil_berita/107/menyongsong-tantangan-nasionalisme-di-era-digital.

Sukmadinata, N. S, Metode penelitian. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011.

Tillman, Diane. Living Values Activities For Children Ages 8-14. Jakarta: Gamedia, 2004.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsespsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).67-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats