Pengaruh Dukungan Sosial dan Psychological Well Being Terhadap Prestasi Belajar Santri Kelas X (Studi Kasus di MBS Sleman dan Ibnul Qoyyim Putri)

Nadzifah Fitriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar santri kelas X di MBS Sleman dan Ibnul Qoyyim Puteri ;2) mengkaji pengaruh PWB terhadap prestasi belajar santri kelas X di MBS Sleman dan Ibnul Qoyyim Puteri ;3) menemukan variabel yang lebih dominan mempengaruhi prestasi belajar antara dukungan sosial dan PWB.

Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah MBS Sleman dan Ibnul Qoyyim Puteri. Sampel di MBS Sleman sebanyak 29% dari populasi 175,sampel 50 santri dan Ibnul Qoyyim Puteri sebanyak 67% dari populasi 75,sampel juga 50 santri. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Datanya dianalisis menggunakan teknik ana lisis regresi.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) dukungan sosial dan PWB berpengaruh terhadap prestasi belajar santri kelas X di MBS Sleman dan Ibnul Qoyyim Puteri. Dukungan sosial bersama-sama PWB memiliki persentase sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 20,3% di MBS Sleman dan 35,2% di Ibnul Qoyyim Puteri. 2) Dukungan sosial berpengaruh terhadap prestasi belajar santri kelas X,baik di MBS Sleman (p=0,002) dan Ibnul Qoyyim Puteri (p=0,034). 3) PWB tidak mempengaruhi prestasi belajar santri kelas X di MBS Sleman (p=0,200) dan Ibnul Qoyyim Puteri (p=0,226). 4) Dukungan sosial lebih dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar,baik di MBS Sleman dan Ibnul Qoyyim Puteri.

Kata Kunci: Dukungan Sosial, Psychological Well Being, Prestasi Belajar

 


Full Text:

PDF

References


Azwar, 2017. Penyusunan Skala Psikologi Edisi II. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Gräbel, 2017. The relationship between Wellbeing and Academic Achievement. Positive Psychology and Technology Department of Behavioral, Management & Social Sciences University of Twente.

Gunarsa, S.D. & Gunarsa, Y.S, 2000. Psikologi Remaja. BPK Gunung Muliat, Jakarta.

Halim & Atmoko, 2005. Hubungan Antara Kecemasan akan HIV/AIDS dan Psychological Well Being pada Waria yang Menjadi Pekerja Seks Komersial. Jurnal Psikologi. Volume 15. No 1.

LvI, B, dkk, 2016. The Relationship between Academic Achievement and the Emotional Well-Being of Elementary School Children in China: The Moderating Role of Parent-School Communication. Frontiers in Psychology Volume 7. Article 948.

Maslihah, S, 2011. Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa Smpit Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip Vol 10, No 2, Oktober 201.

Musthafa, A.I.I & Widodo, P.B. Psychological Well Being Ditinjau dari Dukungan Sosial pada Santriwan-Santriwati di Yayasan Al-Burhan Hidayatullah Semarang. Jurnal Psychology.

North West Adelaide Health Study, 2007. Cronic Condition Psychological Well Being: Epidemiological Series Report. Australia: The University of Adelaide Australian.

Rüppel, F, dkk, 2015. The Influence of Psychological Well-Being on Academic Success. J Public Health(2015)23:15–24. DOI 10.1007/s10389-015-0654-y.

Silalahi, 2015. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Refika Aditama, Bandung.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta, Bandung.

Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Rineka Cipta, Jakarta.

Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Sukmadinata, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya, Bandung.

Widanarti, N & Indati, A. 2002. Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Self Efficacy Pada Remaja Di Smu Negeri 9 Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada. Jurnal Psikologi, No. 2, ISSN : 0215 – 8884, 112–123.

Widoyoko, 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2019.10(1).34-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats