Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Budaya Organisasi Yang Islami

Teguh Suripto

Abstract


Jika kita perhatikan banyak perusahaan memiliki keunikan yang berbeda antara satu perusahaan dengan yang lainnya. Meskipun mereka menghasilkan barang atau jasa yang sama akan tetapi mereka memiliki sebuah perbedaan yang menjadi nilai  atau simbol dari perusahaan, nilai atau simbol tersebut membentuk sebuah budaya organisasi. Salah satu nilai-nilai yang dapat dikembang di perusahaan dalam upaya meningkatkan kinerjanya adalah dengan mengembangkan nilai – nilai islam sebagai sebuah budaya organisasi, atau dengan kata lain perusahaan dapat membentuk budaya organisasi yang islami untuk meningkatkan kinerjanya. konsep dasar yang menjadi landasan ekonomi Islam dapat dijadikan landasan budaya kerja sebagai budaya organisasional yang Islami. Budaya organisasional yang Islami tersebut antara lain didasarkan pada tiga konsep fundamental, yaitu tauhid (keimanan kepada Allah), khilafah (kepemimpinan), dan a’dalah (keadilan). Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif, dengan melakukan studi literatur dari beberapa jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan islami memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, yang pada akhirnya kinerja perusahaan akan menjadi lebih baik, kepemimpinan Islami memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja karyawan. Dengan meningkatnya motivasi kerja karyawan maka kinerja perusahaan akan meningkat menjadi lebih baik. danya pengaruh kepemimpinan Islami terhadap motivasi menunjukkan bahwa seorang pemimpin yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan pada syariat Islam akan dapat memberikan dan menciptakan suatu motivasi dari para karyawannya. Pada dasarnya, motivasi kerja Islami merupakan perasaan atau keinginan seseorang yang berada dan bekerja dalam upaya pemenuhan kebutuhan material atau nafkah yang didasarkan pada Al-Qur’an dan Hadits.


Full Text:

PDF

References


Waridin dan Masrukhin. (2006), “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi, dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai”, Ekobis, Vol.7, No.2 Jerald Greenberg, Robert A. Baron, Behavior In Organisations, Perason Education,Ltd., New Jersey, USA, 2003

Edgar H Schain. (2004), Organizational Culture and Leadership, Third Edition, Jossey –Bass

Publishers, San Francisco

Pabundu Tika. (2006), Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Robbins, Stephern P., 1998. Organization Behavior, Concepts, Controversies, Application. Seventh Edition, Englewood Cliffs dan PT. Prenhallindo, Jakarta.

Lukman Hakim, 2011. Membangun Budaya Organisasi Unggul sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan di Era Kompetitif. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, VOL. 15, No. 2, hlm. 148-158.

Dede Mariana, 2008. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Perilaku Pejabat Publik: Studi pada

Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Sosiohumaniora, Vol. 10, No. 3, hlm. 201-219.

Siti Hidayah, Sutopo, Peran Budaya Organisasional Islami Dalam Membentuk Perilaku Prestatif Di Dalam OrganisasI,Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, No. 36 / Th. XXI / April 2014

Soedjono, Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya Jurusan Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi – Universitas Kristen Petra http://puslit.petra.ac.id/~puslit/journals/

,Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, NO. 1, Maret 2005: 22- 47

Abdul Hakim, Anwar Hadipapo, Peran Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia Di Wawotobi, Ekobis Vol. 16 No. 1 januari 2015 1-11

Syarah Padmawati, Kajian Fisiologis dan Nilai–nilai Islam dalam Hikayat Raja Rahib,

(Skripsi S1 Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang,2007).

Suparman.(2007).Analisis Pengaruh Peran Kepemimpinan, Motivasi dan Komitmen organisasi Terhadap kepuasan Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai.Tesis Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Glaser, Susan R; Zamanou, Sonia and Hacker Kenneth, 1987, Measuring and Interpreting

Organizational Culture. Management Communication Quartely Vol.1 No.2 pp 173-178.

Hofstede, Geert, 1986, Culture’s Consequences, International Differences in Work – Related

Values. Sage Publication, Beverly Hills/ London/New Delhi.

H.Teman Koesmono (2005), Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah Di Jawa Timur, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 7, No. 2, September 2005 : 171 – 188.

Yusuf Al-Qardawi (1993). “Pengertian Tauhid.”Kuala Lumpur, Pustaka Salam Sdn.Bhd.

Moeljono Djokosantoso, 2003. Budaya Korporat dan Keunggulan Korporasi, Elex Media Komputindo, Jakarta

Susanto, A.B., Fx. Sujanto, Wijanarko, Himawan, Patricia, Mertono, Suwahyuhadi, W ismangil, 2008, A Strategic management approach Corporate Culture and Organization Culture, The Jakarta Consulting Group.

Diah Ayu Kusumawati, Peningkatan Perilaku Kerja Islami Dengan Budaya Organisasi Islami Sebagai Variabel Moderasi, Unissula, ISSN 2302-9791 vol. 2 no. 1 may 2015

Hakim, Abdul.(2012). The Implementation of Islamic Leadership and Islamic Organizational Culture and Its Influence on Islamic WorkingMotivation and Islamic Performance PT Bank Mu’amalat Indonesia Tbk.Employee in the Central Java.Asia Pasific Management Review 17(1) 77-90

Gibson et all, 1994. Organisasi, Jilid 1 dan 2, alih bahasa Agus Dharma, Erlangga, Jakarta.

Gibson, James L et al 2006. Organizations (Behavior, Structure, Processes),Twelfth Edition, McGrow Hill.

Ratna Wijayanti, Farid Wajdi, Pengaruh Kepemimpinan Islami, Motivasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan lama Kerja Sebagai Variabel Moderating DAYA SAING Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 13, No. 2, Desember 2012

Rezy Aziz, Atina Shofawati, Pengaruh Kepemimpinan islami dan Budaya organisasi islami Terhadap Motivasi kerja Islami pada UMKM Kulit di Magetan, JESTT Vol. 1 no. 6 Juni 2014.

Afzalur Rahman (1995), Doktrin Ekonomi Islam, Jilid 1, PT. Dana Bakti Wakaf, Yogyakarta

Abdual Aziz Dahlan, et. all, (editor),1997, Ensiklopedi Hukum Islam, jilid 2, (Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 1997), 25.

Mahir Amin, (2014), Konsep Keadilan Dalam Prespektif Hukum Islam, Al Daulah Jurnal Hukum Dan Perundangan Islam, Volume 4, no. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(2).%25p

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.