ANALISIS FUNDAMENTAL DAN ANALISIS TEKNIKAL TERHADAP SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI

Muchriana Muchran, Hajrah Hajrah, Rizka Safitri, Nur Inayah

Abstract


Investasi adalah strategi untuk meningkatkan kekayaan di masa mendatang dengan menggunakan uang saat ini untuk meningkatkan nilai investasi di masa datang. Saham adalah bukti kepimilikan seseorang dalam perusahaan. Analisis Fundamental dan analisis teknikal adalah dua jenis analisis yang digunakan untuk melihat harga saham di pasar modal. Penelitian ini mengumpulkan data dari laporan keuangan yang diterbitkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui www.idx.co.id selama tahun 2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuntitatif. Untuk menguji hipotesis digunakan model analisis statistic regresi linear berganda persamaan statistic model. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh Kesimpulan bahwa Price Earning Ratio secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham pada Perusahaan BEI periode 2022 sehingga hipotesis pertama dalam penelitian ini diterima . volume perdagangan secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham pada Perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2022 sehingga hipotesis kedua ditolak. Indeks harga saham gabungan secara parsial tidak berpengaruh dan signfikan terhadap harga saham pada Perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2022 sehingga hipotesi ketiga dalam penelitian ini ditolak.

Keywords


Analisis fundamental, Analisis Teknikal, Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Agustina, R. (2021). Analisis Fundamental, Acuan Investasi Saham Jangka Panjang. Vol 1, No 1.

Andi Runis Makkulau, I. Y. (2021). Penerapan Analisa Fundamental Dan Technical Analysis Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Keinginan Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Syariah. Volume 4 Issue 3, 165-180.

Christian Chandra Wijaya, A. P. (2022). Pengaruh Analisis Fundamental Dan Analisis Teknikal Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Indeks LQ45. Volume II, Nomor 11, 36.

Meidya Putri, H. S. (2022). Analisis Fundamental dan Teknikal Saham PT. Bank BTPN Syariah Tbk. Vol 2, No 1.

Miftha Farild, M. I. (2023). Analisis teknikal sebagai dasar pengambilan keputusan dalam transaksi saham. Volume 25 Issue 4, 734-739.

Muchriana Muchran, M. M. (2024). A Test of the Planned Behavior Theory : The Impact on Behavior in the Implementation of Central Bank Digital Currency in Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 451-463.

Muchriana Muchran, N. S. (2024). Integration of the UTAUT 2 Model and Awareness of Cibercrime as the Moderating Variable of Cashless Adoption In Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 304-321.

Peranginangin, A. M. (2021). Pengambilan Keputusan Investasi Saham Dengan Analisis Fundamental Melalui Pendekatan Price Earning Ratio (Per) (Studi Pada Saham-Saham Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Lq45 Periode 2016-2018. Jurakunman Vol.14, No 2.

Seno Hadi Saputro, B. I. (2023). Analisis Keputusan Investasi Saham Dengan Analisis Teknikal Pada Industri Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia . Volume 03, Nomor 01.

Trisna Ayu Oktavia, S. N. (2021). Fundamental Analysis And Technical Analysis Before Covid-19 : Empirical Studi On LQ45 Indexed Shares In Bei. Volume 1, Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).428-433

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.