ANALISIS PENGARUH RESIKO INVESTOR, RISK MANAJEMEN, DAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA PASAR MODAL BERBASIS APLIKASI MOBILE DI KALANGAN MILLENIAL: STUDI APLIKASI BIBIT

Maicel Jhose Rafael, Faisal Akbar, W.D Yevastri, Letisya Letisya, Pebrina Silva Br. Karo, Muhammad Fahmi

Abstract


Penelitan ini dilaksanakan untuk melihat pengaruh Analisis pengaruh resiko investor, risk manajemen, dan sosial media terhadap keputusan investasi pada pasar modal berbasis aplikasi mobile di kalangan millenial (studi aplikasi bibit) .Responden pada peneliti ini adalah generasi millenial di Kota Medan. Penelitian ini memakai olah data SMART PLS untuk melihat apakah variabel valid dan raliabilitas serta melihat apakah setiap variabel independen berpengaruh secara positif kepada variabel dependen atau sebaliknya.


Keywords


Resiko Investor, Risk Manajemen, Sosial Media, dan Keputusan Investasi

Full Text:

PDF

References


Partomuan, F. T. (2021). Pengaruh CR, DER dan ROE Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Yang Terdaftar di Indeks IDX Value 30 Periode 2015-2019. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 242-255.https://blog.bibit.id/blog-1/jumlah-investor-reksa-dana-naik-329

Oktaviani, A., Maulana, A., & Firmansyah, R. (2022). Peran Aplikasi Bibit di Kalangan Pemula Terhadap Trend Financial Stable. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Akuntansi, 3(2), 645-651.

ASTUTI, M. Y. (2022). Halaman Judul Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Minat Investasi Reksadana Syariah Pada Aplikasi Bibit: Perluasan Tam.

Naufal, F. A. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, RISIKO DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL DAN GENERASI Z UNTUK BERINVESTASI MELALUI

APLIKASI BIBIT (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Rizki, N., Biasane, A. N., & Paramita, G. (2022). Minat Investasi Pada Reksa Dana Secara Online (Studi Kasus Pada Investor Yang Berinvestasi Melalui Aplikasi Bibit). Fokus: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2), 32-40.

Herdiyani, S., Barkah, C. S. A., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). PERANAN MEDIA SOSIAL Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: LITERATURE

REVIEW. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103-121.

Budiman, J., Delfina, D., Quinn, F., & Rudiyanto, R. (2022). Perilaku Bias Investor Kota Batam dalam Berinvestasi Saham. YUME: Journal of Management, 5(3), 533-542




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).182-189

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.