ANALISIS STRATEGI HARGA, TARGETING, POSITIONING DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA MARTABAK BANG AWAL DI KOTA KENDARI

Abdul Hakim, Rahmatia Rahmatia, La Ode Hamida

Abstract


Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana Strategi Harga, Targeting, dan Positioning Dalam Meningkatkan Omzet penjualan produk pada martabak Bang Awal; (2) Untuk mengetahui apa saja kendala dan solusi pada Strategi Harga, targeting, dan Positioning Dalam meningkatkan Omzet penjualan Martabak Bang Awal di kota kendari. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), penelitian lapangan merupakan penelitian yang di lakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk melihat serta mengambil data-data secara langsung.Hasil penelitian ini adalah (1) Pada penentuan harga di martabak bang awal, sudah sangat maksimal dan  terjangkau oleh konsumen dalam beberapa analisis dalam komponen harga mulai dari tahapan audit kompetitor  dari sisi produk, tempat dan harga. (2) Dalam hal ini targeting untuk menempatkan posisi pasar yang ada di martabak bang awal, dalam beberapa analisis dalam komponen targeting bahwa martabak bang awal tidak bisa memfokuskan hanya satu kalangan tetapi target pasar dari usaha ini semua kalangan bisa membeli jajanan malam martabak bang awal. (3) Dalam hal ini positioning untuk menempatkan produk dibenak para konsumen agar diingat dan melakukan pembelian secara berulang, martabak bang awal melakukan positioning melalui brand seperti kemasan martabak bang awal agar di ingat setiap saat oleh konsumen dan tempat yang menarik sehinga menciptakan diferensiasi.(4)Dalam hal ini terkait omzet penjualan, martabak bang awal melakukan dengan melalui kecakupan harga dan disisi produk yang dimana harga yang ditetapkan martabak bang awal sudah sangat terjangkau karena atas dasar audit pasar dan audit kompetitor, selain itu martabak bang awal selalu konsisten dalam menjaga cita rasa, dan membuat diferensiasi. (5) Kendala yang ada di martabak bang awal pada pemasaran karena ada satu outlet yang progress omzet penjualannya tidak ada peningkatan dan juga untuk kendala sealnjutnya adanya ketidaksesuaian harga antara aplikasi online dan secara ofline yang dimana lebih mahal di online sedangkan ofline lebih murah ini dikarenakan aturan dari aplikasi online yang dimana disetiap item menu dinaikan 20 % dari harga sebenarnya sehingga 20 % nya itu buat aplikasi itu lah penyebab terjadinya perbedaan harga.

 

 


Keywords


Strategi Harga, Targeting, Positioning, Omzet Penjualan

Full Text:

PDF

References


A.D Selang Cristian, 2013. Bauran Pemasaran (marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyaitas pelanggan pada Fresh MartBahu Mall Manado. dalam Jurnal Emba, Vol 1 No.3 Juni.

Anggraeni, A. (n.d.). Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Astina,S.T.(n.d.).AnalisisSegmentation,Targeting,Dan Positioning Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Melalui Strategi Pemasaran Di toko Pia Cap Mangkok Cabang Semeru.

Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Beu, N. S., Moniharapon, S., & Samadi, R. L. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado.

BasuSwastha.2002. ManajemenPemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty

Buchari, Alma, 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Chandra, Gregorius., 2002, Strategi dan Program Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Hidayat (2020) 04. Prev-edisi 4 (1).pdf. (n.d.).

Jamira, A. (2017). Analisis Segmentasi,Targeting, Dan Positioning Studi kasus Keripiki Kentang Leo.

Kotler Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan : PT. Prenhallindo: Jakarta

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Mauliansyah, R. (2018). Pengaruh Positioning terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 818–826. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.687

Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. (n.d.). Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) pada Zakiyya House Bojonegoro.

Musfar, T. F.2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. CV Media Sains Indonesia. Bandung.

Muniroh, M., Sabtohadi, J., & Abdullah, R. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran, Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Seluler (Studi Kasus Toko Bina Mitra Usaha Desa Cipari Makmur). Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 18(2). https://doi.org/10.53640/jemi.v18i2.528

Nuryanti, E., & Yani, M. (2022). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan. 1(2).

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. KINERJA, 14(1),16.https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sylvia, R., Afriana, R. A., & Amelia, N. A. (2019). Penerapan Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Pada UD.RahmaniSasiranganKabupaten Banjar.

Sunyoto, Danang. 2018. Dasar-Dasar manajemen pemasaran (konsep, strategi, dan kasus) Edisi ketiga. Jakarta : CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Tandjung, 2004. Marketing Management: Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan, Edisi Kedua. Penerbit Bayumedia, Malang.

Tjiptadi, D. M. (n.d.). Konsep Pemasaran dan Proses Manajemen Pemasaran.

Widjaya,P.G.,&Siwalankerto,J.(2017).Analisis Segmenting,Targeting,Positioning, Dan Marketing Mix Pada PT.Murni Jaya.5(1).

Wijaya, H., & Sirine, H. (2016)Strategi Segmenting,Targeting,Positioning Serta Strategi Harga Pada Peursahaan Kecap Blekok Di Cilacap Ajie, 1(3),




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2023.4(2).198-207

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.