Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Puskesmas Galur 1 Kulon Progo

Siti Fatimah, Imram Radne Rimba Putri, Sumarni Sumarni

Abstract


Pelayanan bermutu dalam konteks pelayanan di puskesmas berarti memberikan pelayanan kepada pasien didasarkan pada standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan pasien, sehingga dapat diperoleh kepuasan yang akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan pasien terhadap puskesmas. Pasien yang loyal akan menggunakan kembali pelayanan kesehatan yang sama, bahkan pasien akan merekomendasikan atau mengajak orang lain untuk menggunakan fasilitas kesehatan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas Galur 1 Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang bersifat observasional analitik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 144 orang dan jumlah sampel sebanyak 52 responden. Instrumen yang digunakan, yaitu kuesioner mutu pelayanan kesehatan dan kuesioner minat kunjungan ulang. Uji statistik yang digunakan dengan menggunakan uji kendall’s-tau. Hasil penelitian menunjukkan responden yang menyatakan mutu pelayanan kategori baik, yaitu 31 responden (59,6%). Minat Kunjungan ulang mayoritas berminat, yaitu 38 responden (73,1%). Hasil uji Kendall’s Tau menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas Galur 1 Kulon Progo (p = 0,000, α<0,005).

Kata Kunci: Mutu Pelayanan; Minat Kunjungan Ulang; Quality of service; Interest In repeat visits


Keywords


Mutu Pelayanan; Minat Kunjungan Ulang; Quality Of Service; Interest In Repeat Visits

Full Text:

PDF

References


Muninjaya G. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta; 2014.

Muller J. Number of Public and Private Hospitals in Malaysia 2013-2018. Malaysia; 2019.

Hardhana S.Si, MM B, Sibuea SKM, MSc.PH F, Widiantini SKM MW. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2019. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI; 2019.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo. Profil Kesehatan Tahun 2019 (Data Tahun 2018). Yogyakarta: Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo; 2019.

Machfoedz I. Metodelogi Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif) Bidang Kesehatan, Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran. Yogyakarta: Fitramaya; 2020.

Savitri D. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas Sukmajaya Oleh Peserta Jamkesmas di Kota Depok Propinsi Jawa Barat Tahun 2011. Universitas Indonesia; 2011.

Lovelock, C WJ. Pemasaran Jasa Perspektif. Jakarta: Erlangga; 2011.

Istrianingsih. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta. 2010.

Maslina VH. Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di RS Zahirah Jakarta. Universitas Indonesia; 2011.

Damanik M. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Sewon 1 Bantul. STIKES Jenderal Achmad Yani; 2014.

Kurniawati R. Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Motivasi Kunjungan Pasien Di Puskesmas Air Putih Samarinda Tahun 2014. STIKES Muhammadiyah Samarinda; 2014.

Rahmayanti SNAT. Karakteristik Responden Dalam Penggunaan Jaminan Kesehatan Pada Era BPJS Di Puskesmas Cisoka Kabupaten Tangerang Januari - Agustus 2015. Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit. 2015;4(3).

Yuliandari Nava, Sarwadhamana RJ. Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional dengan Kualitas Kerja Karyawan di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Indones J Nurs Heal Sci. 2021;6(2):97–103.

Sarwadhamana, R. J., & Dwinta E. Analisis Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Karyawan Farmasi PT Aksamala Adi Andana Yogyakarta. Indones J Hosp Adm [Internet]. 2020;3(1):7–16. Available from: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJHAA/article/view/1391

Azwar A. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Bina Rupa Aksara Publisher; 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2021.4(1).25-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats