Kontribusi Paradigma Pendidikan Islam Hasan Langgulung terhadap Pembentukan Karakter Muslim Moderat

Mahmudah Mahmudah

Abstract


Pendidikan dan psikologi merupakan dua ranah yang memiliki keterkaitan dalam upaya membentuk pribadi manusia yang berkarakter baik. Secara konseptual, dua ranah ini menurut Hasan Langgulung dapat menjadi kekuatan dalam mengonstruk paradigma pendidikan Islam. Keduanya saling memberikan kontribusi dan berimplikasi pada sistem pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Setiap tindakan yang dilakukan umat muslim sesungguhnya memiliki keeratan dengan sistem pengetahuan dan pemahaman keislaman yang dimilikinya. Karakter moderat dan atau sebaliknya yang dimiliki setiap pribadi muslim pada dasarnya sebagai bentuk ekspresi psikologi dan pemahaman keagamaannya. Hasan Langgulung merekomendasikan pentingnya pendekatan psikologi dalam studi keislaman sebagai ikhtiar mengantarkan pribadi muslim yang moderat, dinamis dan inklusif. 

 

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Psikologi, Fitrah dan Kebebasan


Full Text:

PDF

References


Ahmad D. Marimba. 1980. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam . Bandung : Al-Ma’arif.

Al-Jamali, Fadhil. 1992. “Menerobos Krisis Pendidikan Dunia Islam.”

Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy. 1979. “Falsafah Pendidikan Islam, Terj.” Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang 116.

Damsir, Damsir, and Muhammad Yasir. 2020. “Pemikiran Pendidikan Islam Zakiah Daradjat Dan Konstribusinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia.” An-Nida’ 44(2): 94–110.

Dawam Rahardjo. 2000. ”Strategi Islamisasi Ilmu Pengetahuan”, Dalam Moeflich Hasbullah, Ed., Gagasan Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Pustaka CIDESINDO.

Firman, Arham Junaidi. 2017. “Paradigma Hasan Langgulung Tentang Konsep Fitrah Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 8(2): 123–43.

Hasan Langgulung. 1983. Pendidikan Dan Peradaban Islam Suatu Analisa Sosio-Psikologi. Bandung : Pustaka Al-Husna .

Hashim, Che Noraini, and Hasan Langgulung. 2008. “Islamic Religious Curriculum in Muslim Countries: The Experiences of Indonesia and Malaysia.” Bulletin of Education & Research 30(1): 1–19.

Komarudin, Didin. 2020. “Pemikiran Murtadha Muthahhari Tentang Fitrah Manusia.”

Langgulung, Hasan. 1980. Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Alma’arif.

———. 1986a. “Manusia Dan Pendidikan, Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan.”

———. 1986b. “Teori-Teori Kesehatan Mental.”

Nata, Abuddin. 2004. “Metodologi Studi Islam Jakarta: Raja Grafindo Persada.”

Tim Resolusi. 2004. “Genealogi UU Sisdiknas Dalam Pendidikan Indonesia”, Dalam Darmaningtyas, Dkk., Membongkar Ideologi Pendidikan Jelajah UU Sisdiknas,. Yogyakarta.

Zakiah Darajat. 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam . Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhairini, dkk. 1992. Sejarah Pendidikan Islam . Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(2).12-23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation ( IJEETI ) indexed by:



IJEETI by Authors is licensed under CC BY-SA 4.0

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View My Stat