Perbandingan Prokrastinasi Administrasi Guru dengan Menggunakan Teknik Critical Incident di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Mayasari Mayasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji dan menganalisis prokrastinasi administrasi guru di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, (2) Mengkaji dan menganalisis teknik critical incident yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, (3) Menjelaskan dan medeskripsikan perbedaan prokrastinasi administrasi guru di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Yogkyakarta dan (4) Menganalisis perbedaan tingkat prokrastinasi administrasi guru dengan menggunakan teknik critical incident di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis Penelitian yang ada dalam penelitian ini ialah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 50 guru dari SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta menggunakan Simple random sampling. Teknik analisa data yang penulis gunakan adalah analisis diskriptif, Uji T independent sampel dan statistik diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan  angket, wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik guru yang terjadi di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta ialah terjadi penundaan penyusunan RPP. Teknik critical incident yang digunakan di kedua sekolah tersebut cukup efektif mengurangi prokrastinasi administrasi dengan menggabungkan model esai dan model checklist. Tidak adanya perbedaan prokrastinasi administrasi guru di kedua sekolah dengan signifikansi sebesar 0,248, dan perbandingan tingkat prokrastinasi administrasi guru dengan menggunakan teknik critical incident di SMP Muhammadyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 menghasilkan tingkat prokrastinasi administrasi yang rendah.

Keyword: Prokrastinasi Administrasi, Guru, Teknik Critical Incident.


Full Text:

PDF

References


Alaihimi, Wan Shurna, dkk. Perbandingan Prokrastinasi Akademik Berdasarkan Keaktifan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. ( Jurnal PSIK Vol. 1 No 2, 2014)

Arikunto, Suharsimi. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: (Bumi Aksara, 2004)

Arikunto, Suharsismi. Metodologi Penelitian. (Jakarta:Penerbit PT. Rineka Cipta. 2002)

Debra M. Glick, dkk. A Preliminary Investigation of the Role of Psychological Inflexibility in Academic Procrastination. (Journal of Contextual Behavioral Science. Vol 3 Edisi 2, 2014)

Ferrari, J.R. dkk. Procrastinasi dan task avoidance, Theory, Research and Treathment. (New York: Plenum Press, 1995)

,Johnson, J.L. & Mc.Crown, W.G. Procrastinasi dan task avoidance, Theory, Research and Treathment. (New York: Plenum Press, 2012)

Ghufron, N.M. & Risnawati, S.R. Teori-Teori Psikologi. (Yogyakarta: ArRuzz Media, 2011)

Gomes, Faustino Cardoso. Manajemen Sumber Daya Manusia,Yogyakarta : Andi Offset.

Habiby,Wahdan Najib. 2017. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa. (Surakarta: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2003)

Hakkı Yazıcıa dan Ramazan Bulut. Investigation into the academic procrastination of teacher candidates’ social studies with regard to their personality traits. (Journal of Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol 174, 2015)

Idi, Abdullah. Sosiologi Pendiikan: Individu, masyarakat dan Pendiikan. (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Irma Alfina. Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Akselerasi (SMA Negeri 1 Samarinda). (eJournal Psikologi, Vol 2, No 2, 2014.)

J.M. Hall, and S.D.C. Townsend. Using Critical Incident and E-Portofolios to Understand the emergent practice of Japanese Student and Teacher Of English.( Journal of Teaching and teacher education. Vol 62, 2017)

Julie Taylor, dkk.. Health professionals’ beliefs about domestic abuse and the issue of disclosure: a critical incident technique study. (Juornal Health and Social Care in the Community Vol. 10, Edisi 1. 2013)

Kadi, Arie Prima Usman. Hubungan Kepercayaan Diri Dan Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi 2013 (Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarman). (eJournal Psikologi, Vol 4 Edisi 4, 2016.)

Khajedadmir A, dkk. The Relationship between Classroom Management and Graduate Students' Academic Procrastination. (Journal of Education and Psychology Vol. 9, Edisi 1, 2016)

Knaus, DR. W.J.. Lakukan Sekarang: Mengatasi Kebiasaan Menunda (Cetakan pertama). (Semarang: Effhar dan Dahara Prize, 2004)

, William. Ed. D. The Procrastination Workbook. (New Harbinger Publication. Inc. 2012)

Komara Chandra Adipraja. Pengaruh Usability Terhadap Loyalitas Konsumen Menggunakan Teknik Critical Incident (Studi Kasus www.aquajaya.com). (Journl e-Proceeding of Engineering. Vol.2, No.2 2015)

LaForge, M. Applying Explanatory Style to Academic Procrastination. (Journal of Clemson University, Vol 16 Edisi 2, 2008)

Livia Devina Y.M. Kinley Aritonang. Model Integrasi Metode Zone of Tolerance, Kano, teknik critical incident dan Lean Six Sigma untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Online Shop. (Jurnal Rekayasa Sistem Industri Vol. 2, No. 2013)

Moeheriono. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012)

Muhaimin Nasir Metodologi Penelitian. (Jakarta : Ghalia Indonesia, 1998)

Orly Shapira-Lishchinsky. Teachers’ critical incidents: Ethical dilemmas in teaching practice. (Journal of teaching and techer education. Vol 27 Edisi 3, 2012)

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. Supervisi Pendidikan. (Yogyakarta: Gava Media. 2015)

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. (Ciputat: Quantum Teaching, 2007)

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendektan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta. 2015)

Warsito, Herman. Pengantar Metodologi Penelitian.( Jakarta: PT Gramedia Pustaka. 2008)

Wirawan. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia; Teori, Aplikasi, dan Penelitian. (Jakarta: Penerbit Salemba Empat. 2009)




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2018.9(2).105-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats