Pemetaan Dan Analisis Maharah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) Jenjang SMA Dan MA ( Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Dan KMA No. 165 Tahun 2014 )

Noorrela Ariyunita

Abstract


Sejarah kebudayaan Islam atau SKI adalah mata pelajaran yang membahas, mempelajari dan menceritakan sejarah-sejarah atau kejadian-kejadian pada masa lampau tentang kebudayaan Islam. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan dan menganalisis maharoh/kemahiran pada mata pelajaran SKI, yang dipetakan berdasarkan Permendikbud No. 24 Tahun 2016 dan KMA No. 165 Tahun 2014. penelitian maharoh SKI ini dilakukan pada jenjang sekolah menengah menengah atas (SMA/MA). Analisis maharoh tersebut dipetakan dari KI dan KD yang terdapat dalam permendikbud dan KMA mapel SKI. Tujuan penelitan ini adalah  untuk menemukan maharah pelajaran SK  yang  harus dikuasai peserta didik pada mata pelajaran SKI. Berdasaran analisis terhadap maharah dalam Permendikbud  No.  24 Tahun 2016  dan KMA No. 165 Tahun 2014 dari kelas X, XI dan XII  dapat disimpulkan bahwa dari 11 maharah yang sering muncul yaitu:  meyakini, memahami, mengambil ibrah, mengaitkan, meneladani, mengimplementasikan, menjelaskan, menceritakan kembali, menghayati, menghayati. Dapat disimpulkan maharah yang  menjadi  dasar  kemahiran SKI adalah maharah menghayati untuk ranah sikap spiritual, maharah meneladani untuk ranah sikap sosial, merekonstruksi untuk ranah pengetahuan, dan menceritakan kembali untuk ranah keterampilan.

 

Kata Kunci : Maharoh/kemahiran, SKI, Sekolah, Madrasah.


Full Text:

PDF

References


Permendikbud No. 24 Tahun 2016

KMA No. 165 Tahun 2014

Departemen Agama RI, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2009.

M. Basyirudin, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: FIP IKIP 1987

Abdurrachman, dkk, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Ahmad Warson Munawir, Kamus Al Munawir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Hendri Guntur Tarigan, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 1994.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2018.9(2).98-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats