Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, F. 2013. Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengkajian (P3D1). 6 (15) : 9-12.
Andrijati, N. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD Tegal.Jurnal Penelitian Pendidikan. 29 (2) : 117-124.
Atsnan, dkk. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan
Matematika dengan tema ” Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik” di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. 9 November 2013. Yogyakarta. Indonesia. Hal 429-236
Depdiknas. 2007. Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Efriana, F. 2014. Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTSn Palu Barat Pada Materi Keliling Dan Luas Daerah Layang-Layang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 2 (2) : 170-181.
Kemdikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013 : Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta :Kemdikbud
Kusaeri, dkk. 2016. Dinamika Perkembangan Matematika Abad Pertengahan Hingga
Munculnya Gerakan Renaissance. https://www.Researchgate.Net/Publication/304216580_Dinamika_Perkembangan_Matematika_Abad_Pertengahan_Hingga_Munculnya_Gerakan_Renaissance_Implikasinya_Terhadap_Pembelajaran_Matematika_Di_Sekolah_Implikasinya_Terhadap_Pembelajaran_Matematika_Di_Sekolah.Diakses Tanggal 5 Oktober 2016.
Marsigit. 2013. Berbagai Metode Pembelajaran Yang Cocok Untuk Kurikulum 2013.
https://www.academia.edu/3854314/Metode_Pembelajaran_yang_cocok_untuk_Kurikulum_2013. Diakses Tanggal 5 Oktober 2016.
______. 2016. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2016 dengan Tema: Etnomatematika, Matematika dalam Perspektif Sosial dan Budaya. 16 April 2016. Sumatra Barat. Indonesia. Hal 1-38.
Prabowo, A. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Seminar. Jurnal Kreano. 3 (2).
Rahayu, dkk. 2008. Pengembangan Instrumen Penilaian Dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di SMPN 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2) : 19-35.
Shirley, L. 1995. Using Ethnomathematics to find Multicultural Mathematical Connection: NCTM.
Syahbana, A. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Edumatica. 2(01) : 45-57.
Thomas, J.W. 2000. A Review Of Research on Project Based Learning. California: The Autodesk Foundation. Tersedia pada: http://www.Autodesk.com. Diakses pada 5 Oktober 2016.
Widyanti. 2010. Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kooperatif. http://] p4tkmatematika.org/downloads/ppp/PPP_Pembelajaran_Kooperatif.pdf. Diakses Tanggal 5 Oktober 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats