Permainan Interaktif untuk Menumbuhkan Partisipasi Aktif, dan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Penerapan Lesson Study

Wanda Nugroho Yanuarto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana permainan interaktif dapat diaplikasikan pada mata kuliah geometri analitik bidang melalui penerapan lesson study. Penelitian ini terdiri dari 4 siklus, setiap siklus terdari dari 3 tahap yaitu plan, do, see. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I kelas A angkatan 2014 pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Data penelitian ini yaitu melalui lembar observasi, rekaman video, portofolio, dan angket. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi aktif, dan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dan inovasi pembelajaran dapat tumbuh melalui penerapan lesson study.

Full Text:

PDF

References


Amstrong, M.A. (2004). Instructional design in the real world: A view from the trenches. Melbourne: Information Science Publishing

Arends, R.I. (1997). Classroom instruction and management. New York: Mc. Graw Hill Companies

Ausubel . (1963). Meaningful verbal learning subsumption theory. London: Paul ChapmanPublishing.

Bobango, T. (1993). Geometry and analytic calculus. New York : Routledge

Bistari. (2010Suparno, .(1997). Kebermaknaan dalam sebuah pembelajaran. Semarang : Cipta Karya

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Johnson, D.W. & Johnson, R.T. (2002). Meaningful assesment a manageable and cooperative process. Boston, MA: Allyn & Bacon.

Kemendiknas, Kemenag, JICA, UPI, UNY, & UM. (2012). Panduan Untuk Lesson Study Berbasis MGMP dan Lesson Study Berbasis Sekolah. Jakarta: IDC.

Marguerite, M. (2001). The van hiele levels of geometric understanding. Boston, MA: Allyn & Bacon.

Mujiman, H. (2007). Belajar mandiri dalam lingkup pendidikan dewasa. Yogyakarta : Aneka Ilmu

Mulyasa, .(2006). Belajar dan berpartisipasi aktif dalam pendidikan tinggi. Jakarta : Aneka

Pustaka National Council of Teacher of Mathematics(NCTM). Representation in mathematical

learning and problem solving. Dalam English, Lyn D. (Eds.), Journal for research in mathematics education. (pp. 197-217). Toms River: Lawrence Erlbaum Associates, PublishersSuryosubroto. (2013). Pendidikan

dan kemandirian dalam sebuah sinergi. Jakarta :Bakti Mulia Pustaka

Oh, G. & Lim, E. (2005). The way to study and learning process. New York, NY: State University of New York.

Salma, D.P. (2007). Growing with learning process. Madison Avenue: Taylor & Francis e-Library

Syamsuri, I., & Ibrohim. (2012). Lesson Study. Malang: UM.

Silver, M. & Smith, W. (1993). Comunicate into students and teachers. New York: Routledge.

Susilo, .(2009). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).67-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats