Studi Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Berkesulitan Menulis (Dysgraphia) di SD Intis School Yogyakarta

Aninditya Sri Nugraheni, Rifka Khoirun Nada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kesulitan guru kelas dalam pengajaran Bahasa Indonesia pada siswa berkesulitan menulis (dysgraphia) di SD Inklusi yang berlokasi di SD Intis School Yogyakarta. Adapun siswa yang diambil sebagai sampel penelitian untuk mengetahui karakteristik siswa dysgraphia ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 4 anak. Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas L3 Abu Hanifah dan L3 Abu Hurairah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan desain studi analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dialami guru dalam mengajar siswa dysgraphia yaitu dalam proses pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Kesulitan dalam proses pembelajaran antara lain: (a) guru belum mengetahui batasan kosakata yang sesuai dengan daya tangkap siswa yang berkesulitan menulis (dysgraphia); (b) penggunaan metode dan strategi dirasa masih kurang tepat; (c) kurangnya layanan pendukung bagi siswa dysgraphia. Kesulitan dalam evaluasi pembelajaran diantaranya: (a) sulitnya mencari indikator yang tepat bagi siswa dysgraphia;(b) sulitnya membuat soal yang berbeda yang sesuai dengan kemampuan siswa dysgraphia; (c) evaluasi pekerjaan siswa yang berkesulitan menulis (dysgraphia). Dengan persiapan yang matang proses pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dapat lebih terencana dan meminimalkan kendala-kendala yang selama ini dihadapi oleh guru.

Full Text:

PDF

References


Direktorat PLB. 2004. Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

Henry Guntur, Tarigan. 1989. Metodologi Pengajaran Bahasa, (Suatu Penelitian Kepustakaan), Jakarta: Depdikbud

Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka

Jamaluddin. 2003. Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Kustawan, Dedy. 2012. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta Timur: Luxima

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Nasional Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Keceradasan dan/atau Bakat Istimewa

RP Dewi. 2012. Penanganan Anak Disgrafia di TK Negeri Pembina 1 Selopuro Kecamatan Batuwarno

Kabupaten Wonogiri. eprints.ums.ac.id

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Satandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Slamet. 2007. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Smith, David, J. 2012. Sekolah Inklusif Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: Nuansa

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Suryani, Yulinda Erma.2010. Kesulitan Belajar. Magistra 73

Suparti. 2007. Strategi Pembelajaran Menulis di SD kelas IV. Didaktika

Syahrun. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Teknik Mind Mapping Murid Kelas III SD Kartika XX-1 Kota Makassar, E-Buletin Media Pendidikan LPM Sulsel




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats