Effect of “Bento” preparation training on mothers knowledge, skill, and child’s picky eating

Carissa Cerdasari, Theresia Puspita, Rany Adelina

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang: Masalah sulit makan pada anak dapat berakibat jangka panjang pada pertumbuhan dan perkembangan, terutama dikaitkan dengan kejadian underweight. Underweight akan berdampak pada gangguan perkembangan kecerdasan dan proses belajar, lebih rentan terhadap infeksi, meningkatkan keparahan penyakit, hingga meningkatkan mortalitas. Salah satu penyebab sulit makan pada anak karena penampilan makanan yang tidak menarik.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan ibu terkait gizi dan kesulitan makan pada anak, keterampilan ibu dalam pembuatan bekal, dan tingkat kesulitan makan pada anak sebelum dengan setelah pelatihan pembuatan “bento”.

Metode: Pada penelitian one-group pretest-posttest design ini, ibu (n=20) dari anak prasekolah usia 3-6.5 tahun direkrut dari KB/TK Al-Ghoniya, Malang. Variabel yang diteliti diukur sebelum dan setelah pelatihan pembuatan Bento. Kesulitan makan pada anak ditentukan dengan menggunakan Child Eating Behavior Questionnaire (CEBQ) versi Indonesia. Pengetahuan ibu diukur menggunakan pertanyaan pilihan ganda sebanyak 20 butir, dan keterampilan pembuatan bekal dinilai menurut 5 aspek, yaitu kesesuaian porsi, variasi menu, cita rasa, dan penampilan. Uji wilcoxon dan uji t berpasangan digunakan untuk menilai perbedaan pengetahuan dan keterampilan ibu, serta tingkat kesulitan makan pada anak sebelum dengan sesudah pelatihan.

Hasil: Terdapat perbedaan pengetahuan dan keterampilan ibu, serta nilai kerewelan pada anak (p <0.05). Tidak ditemukan perbedaan skor peka terhadap kenyang dan lambannya makan pada anak (p>0.05).  Meskipun tidak ada perbedaan secara statistik, namun terdapat kecenderungan penurunan nilai peka terhadap kenyang dan lambannya makan sebelum dengan setelah pelatihan.

Kesimpulan: peningkatan penampilan pada makanan melalui bento dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi kesulitan makan pada anak prasekolah.

 

KATA KUNCI: bento; kesulitan makan; anak prasekolah 


ABSTRACT


Background: Picky eating in children may have long-term consequences for growth and development, especially related to underweight. Underweight results on developmental disorder, increase infection susceptibility, disease severity and mortality. One of the causes of picky eating in children is the unattractive of food appearance.

Objectives: To analize the effectiveness of the bento making training, including: Mother’s knowledge related to nutrition and feeding difficulty in children; mother’s skill in food preparation; and level of eating difficulty in children before and after bento making.

Methods: This study used pretest-posttest design one-group study, mothers (n= 20) of preschool-aged 3-6.5 years were recruited from Al-Ghoniya Playgroup and Kindergarten School, Malang. Picky eating in children was determined by Child Eating Behavior Questionnaire (CEBQ) Indonesian version. Studied variables were mother’s knowledge and skills, children’s satiety responsiveness, slowness in eating, and fussiness. Wilcoxon test and paired t-test were used to assess differences in mother’s knowledge and skills, as well as the level of eating difficulty in children before and after the training.

Results: There were differences in maternal knowlege and skills (p<0.00), and also the score of fussiness in children before and after training (p=0.04). No difference was found in satiety responsiveness (0.058) and slowness in eating in children (p=0.10).

Conclusions: Bento-making training is effective to increase mother’s knowledge and skill and could be as alternative to overcome picky eating among preschool children, indicated by a decrease in the score of fussines. However, this training couldn’t improve the score of satiety responsiveness and slowness in eating.


KEYWORDS: bento, picky eater, preschool children


Keywords


bento; kesulitan makan; anak prasekolah, bento; picky eating; preschool children

Full Text:

PDF

References


Balitbangkes Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta; 2013.

Wooldridge NH. Toddler and Preschooler Nutrition. In: Brown JE, editor. Nutrition Through the Life Cycle. 4th ed. California: Wadsworth, Cengage Learning; 2011. p. 266–95.

National Health and Medical Research Council. Infant Feeding Guidelines. Canberra: National Health and Medical Research Council; 2012.

Shim JE, Kim J, Mathai RA. Associations of infant feeding practices and picky eating behaviors of preschool children. J Am Diet Assoc. 2011 Sep;111(9):1363–8.

Fitriani F, Febry F, Mutahar R. Gambaran Penyebab Kesulitan Makan pada Anak Prasekolah Usia 3-5 Tahun di Perumahan Top Amin Mulya Jakabaring Palembang Tahun 2009. J Publ Ilm Fak Kesehat Masy Univ Sriwij. 2009.

Telaumbanua LK. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sulit Makan Pada Usia Prasekolah Di Tk Islam Nurul Hikmahbantar Gebang Bekasi Tahun 2013 Linda K Telaumbanua Program Studi DIII Kebidanan. Bekasi; 2013.

Karaki KB, Kundre R, Karundeng M. Hubungan Pola Asuh Ibu dengan Perilaku Sulit Makan pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di Taman Kanak-Kanak Desa Palelon Kec. Modoinding Minahasa Selatan. ejournal Keperawatan (e-Kp). 2016;4(1):1–7.

Rudianto. Pengaruh Penyajian Diet dalam Bentuk Karakter Bento terhadap Tingkat Konsumsi pada Anak Usia 3-5 Tahun di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Petrokimia Gresik. Universitas Airlangga; 2015.

Widyaningtyas F. Pengaruh Penyajian Ala Bento dengan Persepsi dan Daya Terima Pasien di Bangsal Anak RSUP DR. Sardjito. Universitas Gadjah Mada; 2013.

Lestari WB. Pengaruh Penyajian Makanan Ala Bento terhadap Daya Terima Anak Prasekolah di TK Bina Anak Sholeh Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada; 2014.

Dubois L, Farmer A, Girard M, Peterson K, Tatone-tokuda F. Problem eating behaviors related to social factors and body weight in preschool children : A longitudinal study. Int J Behav Nutr Phys Act. 2007;4(9):1–10.

Ekstein S, Laniado D, Glick B. Does picky eating affect weight-for-length measurements in young children? Clin Pediatr (Phila). 2010 Mar;49(3):217–20.

Wardle J, Guthrie CA, Sanderson S, Rapoport L. Development of the Children’s Eating Behaviour Questionnaire. J Child Psycol Psyciat. 2001;42(7):963–70.

Cerdasari C, Helmyati S, Julia M. Tekanan untuk makan dengan kejadian picky eater pada anak usia 2-3 tahun. J Gizi Klin Indones. 2017;13(4):170–8.

Al-Shookri A, Al-Shukaily L, Hassan F, Al-Sheraji S, Al-Tobi S. Effect of mothers nutritional knowledge and attitudes on Omani children’s dietary intake. Oman Med J. 2011;26(4):253–7.

Wirawan S, Abdi LK, Sulendri NKS. Penyuluhan Dengan Media Audio Visual Dan Konvensional Ter- Hadap Pengetahuan Ibu Anak Balita. J Kesehat Masy. 2014;10(1):80–7.

Saleh A, Nurachmah E, As S, Hadju V. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Pendekatan Modelling Terhadap Pengetahuan, Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi 0-6 Bulan di Kabupaten Maros. Universitas Hasanuddin Makassar; 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijnd.2018.6(2).43-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics (IJND) indexed by:

  


Lisensi Creative Commons
View My Stats