Pemanfaatan Digital Marketing Marketplace Dan Pengembangan Variasi Kerajinan Bambu Di Dusun Dalangan Desa Kebonsari Kabupaten Magelang

Nugroho Agung Prabowo, Irfan Reza Pratama, Chanifatul Azizah, Nur Rachman Dzakiyullah

Abstract


Kerajinan yang dibuat oleh warga Dusun Dalangan dijual di sekitar daerah wisata Candi Borobudur. Selain tujuan memperoleh keuntungan, kerajinan bambu ini juga bertujuan untuk memperkenalkan keunikan karya lokal Indonesia kepada para turis asing maupun lokal yang berkunjung ke Candi Borobudur. Akan tetapi permasalahn sekarang timbul yaitu obyek wisata Candi Borobudur dittp akibat adanya pandemic covid-19. Pelaku usaha mengalami penuruan omset dan terancam kelangsungan hidupnya. Tujuan dari kegiatan pengadian ini adalah memberikan sosialisasi dan pelatihan bagi UMKM di Dusun Dalangan tentang pemanfaatan internet untuk pemasaran online dengan marketplace. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisai, pelatihan dan pendampingan kepada pekalu UMKM agar masyarakat dapat menambah wawasan dan praktek sekaligus mengimplementasi pemasaran digital di usahanya. Kesimpulan dari kegiatan ini masyarakat mampu melakukan pengembangan usaha melalui pemanfaatan teknologi internet dan marketplace sehingga harapan kedepan bisa menjadi solusi yang tepat kedepan dalam memasarkan hasil produksi kerajinan bukan hanya untuk meningkatkan omset tetapi juga memperkenalkan produk kerajinan bamboo secara luas ke dunia internasional.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jbd.2022.1(2).46-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.