Pemanfaatan Media Tebak Gambar pada Materi Majas Metafora Siswa Kelas VI SDN Samaran
Abstract
Perkembangan bahasa dan sastra menjadi sebuah tantangan dalam perkembangan teknologi, khususnya pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan bahasa dan sastra siswa pada materi majas metafora masih kurang optimal, minat belajar siswa rendah serta penggunaan media yang kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan media tebak gambar dalam meteri majas metafora bagi guru dan siswa kelas VI SDN Samaran dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi majas metafora. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang berfokus pada penggunaan media yang dapat meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep, serta interaksi antar siswa dalam pembelajaran majas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tebak gambar memberikan dampak yang positif bagi guru dan siswa. Guru lebih mudah menyampaikan materi secara konstektual, menciptakan suasana kelas yang aktif, serta dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi majas metafora. Selain itu, dampak positif bagi siswa adalah pembelajaran menjadi menarik sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa dan dapat memahami materi dengan cepat. Hal ini ditunjukkan dengan rasa ketertarikan siswa terhadap materi yang lebih tertantang dan tidak bosan dalam pembelajaran. Dengan demikian, media tebak gambar dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dalam materi majas metafora serta dapat mendorong kolaborasi antar guru dan siswa dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta bermakna.
Kata kunci : media tebak gambar, majas metafora, keterampilan bahasa.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, R. K. (2021). Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2), 255–262. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525
Ekayani, P. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. https://www.researchgate.net/publication/315105651
Ismayanti, Arsyad, M., & Hikmah Marisda, D. (2021). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Karst: Jurnal Pendidikan Dan Terapannya. https://media.neliti.com/media/publications/339361-penerapan-strategi-refleksi-pada-akhir-p-873304a5.pdf
Khusna, S., Khasanah, I., maskur Musa, M., & Rini, J. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Kompetensi 4c Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding SEMAI. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/1384/550
Lestari, L., Nuzulia Armariena, D., Rizhardi, R., & Kata Kunci, A. (2021). Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengaruh Media Tebak Gambar Terhadap Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 05 Mendo Barat (Issue 2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa
Mahdalena, R., & Budayasa, K. (2022). Pengembangan Media Permaianan Edukatif Tebak Gambar Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca.
Marinda, L. (n.d.). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.
Mochamad Surya, C., Zulvian Iskandar, Y., Marlina, L., & Rakeyang Santang, S. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar.
Mohamad, R., Mahmud1, M., Bahsoan, A., & Sudirman1, S. (n.d.). The Use Of Learning Media On Students’ Learning Outcomes. Cetak. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JEBE/index
Murni, N. F. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 5(1). https://doi.org/10.20961/seeds.v5i1.56736
Novianti Ariadila, S., Feronica Nuryati Silalahi, Y., Hanan Fadiyah, F., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana. https://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5151/4321
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).
Oktavia, T. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Canva. Repository Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/62226/1/Tiara%20Oktavia SKRIPSI.pdf
Purnama Sari, E., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Papan Tebak Gambar pada Teks Deskripsi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basataka, 6(1), 118. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.235
Rahma, I. M., Aprilia, D. N., Rafsanjani, A. A. R., Murni, A. W., & Bhuie, M. K. (2025). Development of Canva-Based Interactive PPT Learning Media on The Material of Skeleton, Joints And Muscles to Link Interest and Motivation Elementary Students. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 4(1), 11–21. https://doi.org/10.30762/ijise.v4i1.4705
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Rohmiasih, C., Rohmiati, C., & Sartika, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva Sebagai Upaya Mewujudkan Transformasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional.
Subagyo, A., & Kristian, I. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Aksara Global Akademia.
Yuliansih, E., Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). The influence of learning media and learning interests on student learning outcomes. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(2), 411. https://doi.org/10.29210/021064jpgi0005
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2025.16(3).319-328
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats













