Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut

Irwanto Irwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pedekatan kuantitatif dengan Metode penelitian Quasi Experimental Design, yaitu desain penelitian eksperimen,dengan tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.  Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan video pembelajaran sangat efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. Hal ini ditunjukan dengan adanya perbedaan antara motivasi dan hasil belajar siswa  antara kelas yang menerapkan media video dengan kelas yang diberikan media video pembelajaran. 

Kata Kunci: Video Pembelajaran, Motivasi, Belajar, Front Office


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendididkan. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aryani, N & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia Sekolah. Jakarta: PT. Pustaka Raya

Bagyono. 2006. Dasar-Dasar Kantor Depan Hotel. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Darmawan, D. 2011. Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hartono. 2010. SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian Edisi Ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Munir. 2012. Multimedia (Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Purwanto, N. 2002. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rasyid, H & Mansyur. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Saadah, A. R. 2014. Penggunaan CD Interaktif Model Tutorial Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Social Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Haurpanggung III Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Garut: Tidak diperjualbelikan.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Smaldino, S. E, dkk. 2008. Instructional technology and Media For learning. Ohio: Pearson Merril prentice Hall.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suminarsih, Inar. 2013. Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar dan keterampilan berbicara. Garut: Tidak diperjualbelikan.

Surya, Mohamad. (20040. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pusaka Bani Quraisy

Sudjana, Nana. 2009 . Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiarto, Endar. 2003. Hotel front Office Administration (Administrasi Kantor Depan Hotel). Jakarta : Gramedia Pusaka Utama.

Sugiyono. 2009. Statistik Nonparametris untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sundayana, Rostina. 2010. Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Press.

Sukmadinata, N S,. 2007. Landasan Psikologi Proses Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Sulastiyono, Agus. 2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta

Sutanto. 2011. Menerima dan memproses Reservasi. Bandung: Alfabeta.

Suwithi, Ni Wayan. 2011 . Pengantar Akomodasi Perhotelan Jilid 1. Jakarta: Tidak diperjualbelikan.

Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Usman, Uzer. 1999. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran (landasan dan Aplikasnya). Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya,C. dan Rusyan T.A. 1991. Kemampuan Dasar Guru Dalam Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Witte, James,P. 2007. Why The Tail The Dogs: The Pernicious Influence Of Product-Oriented Discourse On The Provision Of Educational Technology Suport. Journal of instructional Technology. 27, 203-215.

Tim Penyusun Pedoman Penelitian Karya Ilmiah . 2009. Pedoman Penyusunan Karya Ilmiah. Garut: Tidak diperjual belikan.

Adriyanto. 2011. Prinsip Pendidikan Vokasi. Tersedia: http://1ptk.blogspot.com/2011/11/prinsip-pendidikan-vokasional-dari.html. diakses 12 Maret 2015 pukul 15.33.

Jaenudin, Riswan. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswapada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Social Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lais Musi Banyu Asin. Tersedia: http://www.distrodoc.com/279312-pengaruh -penggunaan -media -video -terhadap -motivasi -dan hasil –belajar. Diakses 3 November 2015 pukul 00.30.

Syam, Islamudin. 2015. Teori hasil belajar menurut para ahli. Tersedia: http://www.slideshare.net/ismdn/teori-hasil-belajar-menurut-para-ahli diakses 10 Juni 2014 pukul 13.00.

Listianing, 2015. Hotel Front Office. Tersedia: http://jenglis.blog.com/hotel-front-office/. Diakses 25 Juni 2015 pukul 15.00.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. LamanDepDikNas [online]. Tersedia: http//:www.depdiknas.go.id/uusisdiknas.htm. diakses 2 Juni 2014 .

Uno, Hamzah. 2006. Indikator Motivasi Belajar. Tersedia: http://pendidikanekonomi.com/2013/08/jenis-fungsi-dan-indikator-motivasi.html. Diakses: 20 Oktober 2015.

Witte, James P. 2007. Why The Tail The Dogs: The Pernicious Influence Of Product-Oriented Discourse On The Provision Of Educational Technology Suport. Tersedia: http ://journals.cambridge.org/action/displayabstract.diakses 12 Maret 17.00




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).77-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats