Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Anti-radikalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LVEP terhadap penanaman paham anti-radikalisme siswa SD kelas II dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas II SD yang terdiri dari lima kelas. Sampel terdiri dari dua kelas diambil dari kelima kelas tersebut untuk diberi perlakuan dengan menggunakan metode LVEP dan konvesional. Pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan memperhatikan karakteristik siswa yang heterogen berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti dalam pembelajaran tematik. Kelompok kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional, sedangkan kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan LVEP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaaan yang signifikan antara penanaman paham anti-radikalisme dengan LVEP dan pembelajaran konvensional. Perbedaaan tersebut terlihat di semua subkarakter anti-radikalisme yang mencakup nilai citizenship dengan hasil uji-t 0,065, nilai compassion dengan hasil uji-t 0,434, nilai courtesy dengan hasil uji-t 0,700, nilai fairness dengan hasil uji-t 0,504, nilai moderation dengan hasil uji t 1,000, nilai respect for other dengan hasil uji-t 0,826, nilai respect for creator dengan hasil uji-t 0,507, nilai self control dengan hasil uji-t 0,303, dan nilai tolerance dengan hasil uji t 0,676.
Kata Kunci: LVEP, anti-radikalisme, pembelajaran tematik
Full Text:
PDFReferences
Adam Prawira, Pendidikan Karakter Mampu Bentengi Siswa dari Radikalisme, 2018.
Diakses dari https://nasional.sindonews.com/read/1260443/15/pendidikan-karakter-mampu-bentengi-siswa-dari-radikalisme-1511537561 pada tanggal 1 Agustus 2018.
Alhairi, Pendidikan Anti-radikalisme: Ikhtiar Memangkas Gerakan Radikal. Jurnal Tarbawi, No. 14, Vol. 2, 2017.
Diakses dari https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/ article/download/617/911 pada tanggal 20 Agustus 2018.
An-Nisa Apriani, Indah Perdana Sari, & Intan Kurniasari Suwandi, Pengaruh Living Values Education Program (LVEP) terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa SD dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Taman Cendekia, No. 01, Vol. 02, 2017.
Borich, G. D., Observations Skills for Effective Teaching. (New York: Macmilan, 1994).
Diane Tillman, Living Values Activities for Children Ages 8-14, (Jakarta: Gramedia, 2004).
Emna Laisa, Islam dan Radikalisme. Islamuna: Jurnal Studi Islam, No. 1, Vol. 1, 2014. Diakses dari http://www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/islamuna/article/view/554, pada tanggal 19 Agustus 2018.
Karma El Hassan & Rula Kahil, The Effect of "Living Values: An Educational Program" on Behaviors and Attitudes of Elementary Students in a Private School in Lebanon. Early Childhood Education Journal. Vol. 33, No.2, 2005.
Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ747025 pada tanggal 16 Agustus 2018.
Kokom Komalasari, Didin Saripudin & Iim Siti Masyitoh, Living Values Education Model in Learning and Extracurricular Activities to Construct The Students’ Character. Journal of Education and Practice, Vol. 5, No. 7, 2014.
Diakses dari https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/11608 pada tanggal 7 Agustus 2018.
Mamdukh Adi Priyanto, Empat Siswa SD yang Diduga Terlibat Kekerasan Teman Sekelas Dipanggil Polisi, 2018.
Diakses dari http://jateng.tribunnews.com/2018/04/17/empat-siswa-sd-yang-diduga-terlibat-kekerasan-teman-sekelas-dipanggil-polisi pada tanggal 3 Agustus 2018.
Min, Rashid & Nazri, Teachers' understanding and practice towards thematic approach in teaching Integrated Living Skills (ILS) in Malaysia. International Journal of Humanities and Social Science, No. 2, Vol. 23, 2012.
Diakses dari http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_23_December_2012/31.pdf pada tanggal 20 Juli 2018.
Muh. Arafik, Living Values Education Program dalam pembelajaran sastra anak untuk meningkatkan nilai-nilai budi pekerti siswa SD. Tesis Magister, tidak diterbitkan, (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2010).
Muhammad Saekan Muchith, Radikalisme dalam Dunia Pendidikan Jawa Tengah. ADDIN, No. 10, Vol. 1, 2016.
Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/177465-ID-radikalisme-dalam-dunia-pendidikan.pdf pada tanggal 1 Agustus 2018.
Pusat Bahasa Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia IV. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008).
Rd. Arif Mulyadi & Lativa Novidasari, Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Radikalisme Islam di SMA Sejahtera 01 Depok. Safina, No. 2, Vol. 1, 2017.
Diakses dari https://anzdoc.com/peran-guru-pendidikan-agama-islam-dalam-mencegah-radikalisme.html pada tanggal 20 Juli 2018.
Syarief Oebaidillah, Mendikbud Serukan Penguatan Pendidikan Karakter Cegah Radikalisme, 2018.
Diakses dari http://mediaindonesia.com/read/detail/163870-mendikbud-serukan-penguatan-pendidikan-karakter-cegah-radikalisme.html pada tanggal 1 Agustus 2018.
Tim Dapodikbud, Sekolah Kita: SD Negeri Pujokusuman 1, 2019. Diakses dari http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/f0b9b65c-2ef5-e011-b104-5bd2eac64bca pada tanggal 2 Agustus 2019.
Zulfani Sesmiarni, Membendung Radikalisme dalam Dunia Pendidikan melalui Pendekatan Brain Based Learning. Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, No. 9, Vol.2, 2015.
Gora Kunjana, Cegah Radikalisme dengan Pendidikan Karakter dapat diakses dari http://id.beritasatu.com/home/mendikbud-cegah-radikalisme-dengan-pendidikan-karakter/176300, 2018.
Muhammad Saekan Muchith, Radikalisme dalam Dunia Pendidikan Jawa Tengah. ADDIN No.10, Vol.1, 2016.
Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/177465-IDradikalisme-dalam-dunia-pendidikan.pdf pada tanggal 1 Agustus 2018.
Novan Ardy Wiyani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Anti Teroris di SMA. Jurnal Pendidikan Islam, No. 2, Vol. 1, 2013.
Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/271726032_Pendidikan_Agama_Islam_Berbasis_Anti_Terorisme_di_SMA pada tanggal 20 Juli 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).116-128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LITERASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats