Pola Asuh Ibu Berhubungan dengan Tingkat Perkembangan Bahasa pada Anak Prasekolah di TK Al Farabi Yogyakarta

Nurul Hidayah, Tri Prabowo, Army Najmuna

Abstract


Setiap manusia mengalami proses perkembangan selama masa hidupnya. Proses perkembangan manusia meliputi beberapa aspek yakni perkembangan fisik, perkembangan psikososial dan perkembangan kognitif. Salah satu perubahan yang terjadi pada perkembangan kognitif adalah perubahan dalam bahasa disamping perubahan pada pemikiran dan intelegensi individu dan pola asuh ibu merupakan hal yang sangat mempengaruhi perkembangan pada anak, termasuk perkembangan bahasa. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pola asuh ibu dengan tingkat perkembangan bahasa pada anak prasekolah di TK AL FARABI Yogyakarta 2012. Penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah wali murid anak-anak prasekolah TKIT AL FARABI Yogyakarta yang berusia sekitar 3-6 tahun beserta anaknya. Analisis data dilakukan dengan analisis chi-squere. Hasil penelitian pola asuh ibu pada anak prasekolah di TKIT AL FARABI Yogyakarta.sebagian besar ibu memberikan pola asuh pada anaknya dengan pola asuh Authoritative (demokratis) sebanyak 34(78,1%).Tingkat Perkembangan Bahasa pada Anak Prasekolah di TKIT AL FARABI Yogyakarta sebagian besar memiliki perkembangan bahasa normal sebanyak 25 (58,1%). Hasil analisis uji chi-square, diketahui x hitung sebesar 6,033, nilai signifikansi 0,014 (p<0,05). Nilai koefisien kontingensi korelasi sebesar 0,351 nilai tersebut menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara pola asuh ibu dengan tingkat perkembangan bahasa pada anak prasekolah kategori rendah. Kesimpulan terdapat hubungan pola asuh ibu dengan tingkat perkembangan bahasa pada
anak prasekolah di TKIT AL FARABI Yogyakarta.


Keywords


pola asuh; tingkat perkembangan bahasa

Full Text:

PDF

References


BKKBN. Tujuan Pembangunan Nasional [internet]. 2002 [cited 2012 Jan 6]. Available from: http://subijakto.blogspot.com/2011/07/tujuan-pembangunan-nasional.html

Wahyuningsih. Tingkat Perkembangan Bahasa dan Sosial Kemanandirian Anak Usia Prasekolah di TK Half – Day. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada; 2007.

Santrock JW. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). (Penerj. Achmad Chusairi, Juda Damanik; Ed. Herman Sinaga, Yati Sumiharti). Jakarta: Erlangga; 2002.

Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC; 2003.

Wong. 2003. Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC; 2003.

Yusuf S. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda; 2002.

Nugroho. Denver Developmental Screening Test. Jakarta: EGC; 2009.

Anjani D. Hubungan antara pola asuh dengan masalah perilaku sulit makan pada anak TK Aba Lempuyungan dan TK Aisyiyah Miliran. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran UGM; 2006.

Yusuf S. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda; 2005.

Ursula AR. Hubungan pola asuh orangtua dengan prestasi belajar siswa SMA 3 Yogyakarta. Yogyakarta: UGM; 2008.

Widia Y. Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan kecenderungan perilaku caring pada Mahasiswa PSIK UGM. Yogyakarta: UGM; 2009.

Denok A. Hubungan Pola Asuh dengan Masalah Perilaku sulit makan pada anak TK ABA Lempuyangan dan TK Aisyiyah Miliran. Yogyakarta: UGM; 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jnki.2013.1(2).48-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia (JNKI) indexed by:

      

Lisensi Creative Commons

  View My Stats