Kajian Literatur Efektifitas Pemasaran Produk Dengan Menggunakan Sistim Online Marketing di Era Disruption

Teguh Suripto

Abstract


Era disruption adalah suatu era yang akan mengubah bukan hanya cara bisnisnya akan tetapi sampai dengan fundamental bisnisnya, dimulai dari struktur biaya sampai budayanya, bahkan sampai dengan idielogi industrinya.(Renald Kasali, 2017). Pada era disruption perubahan bisnis sangat nampak, cara berbisnis yang dulunya sangat menekankan owning (kepemilikan) menjadi sharing (saling berbagi peran, kolaborasi resources). Salah satu unit dalam perusahaan yang sangat terpengaruh dalam discruption adalah bidang pemasaran. Bidang pemasaran tersebut menjadi ujung tombak perusahaan yang paling cepat terpengaruh. Salah satu bentuk pengaruh discruption dalam pemasaran adalah hadirnya sistem pemasaran Online. Sistim pemasaran tersebut disebut online, karena menggunakan jaringan internet sebagai sarana memasarkan produk barang atau jasa kepada konsumen. Beberapa permasalahan penting yang seringkali dihadapi dalam pemasaran produk secara online adalah, perlunya pemahaman konsep pemasaran secara jelas, kemudian juga pemahaman tentang media yang dapat digunakan, serta strategi pemasaran yang baik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif, yaitu menggunakan studi pustaka atau literatur, dengan menggunakan jurnal, buku, majalah, dan web yang relevan dengan penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Era discruption adalah suatu era yang akan mengubah bukan hanya cara bisnisnya akan tetapi sampai dengan fundamental bisnisnya, permasalahan penting yang seringkali dihadapi dalam pemasaran produk secara online adalah, perlunya pemahaman konsep pemasaran secara jelas, kemudian juga pemahaman tentang media yang dapat digunakan, serta strategi pemasaran yang baik, online marketing memberikan dampak yang positif bagi perusahaan, karena perusahaan memiliki strategi pemasaran produk yang baik, sehingga dapat meraih goal atau tujuan perusahaan dengan mudah.

 

Keyword  : Disruption, Pemasaran, online marketing


Full Text:

PDF

References


Dewi Kurniawati, Nugraha Arifin, Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa, Jurnal Simbolika/Volume 1/Nomor 2/September 2015.

Ita Suryani, Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI danFacebook Disparbud Provinsi Jawa Barat), Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 2, April 2014

Nia Purwanti, Bambang Irawan1, Sriono, Eksplorasi Faktor-Faktor Online Marketing Yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Belanja Online Pada Naufal Bag Collection, e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akutansi, 2017, Volume IV (1) : 84 – 87

Premita Lisawati, Efektifitas Iklan Pada Jejaring Sosial Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) Dengan Menggunakan Metode, Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 21 No.3, Desember 2016

Ifan Harnata Sembiring, Jono M Munandar, Analisis Efektivitas Program Promosi IMOVSES terhadap Tingkat Penggunaan Produk Microsoft Berlisensi pada Sivitas IPB, Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol VII, No 1, April 2016

Rizvanda Meyliano Dharma Putra, Inovasi Pelayanan Publik Di Era Disrupsi (Studi Tentang Keberlanjutan Inovasi E-Health Di Kota Surabaya), Jurnal kebijakan dan Manajemen Publik, Volume 6 No. 2 Mei Agustus, 2018, Universitas Airlangga

Kuspuji Catur Bagus Wicaksono, Mengukur Efektifitas Social Media Bagi Perusahaan, Binus Business Review Vol. 4 No. 1 Mei 2013: 551-564, Universitas Binus

Kotler, Keller, Marketing Management, Person Prentice hall, London, 2009

Kaplan, Andreas M, Michael Haenlein. “Users of the world, opportunities of Social Media”. Bussines Horizons, 2010.

Patimeh I. Analisa Efektifitas Promosi Wisata pada Obyek Wisata Museum Asi Mbojo. Jurnal Pariwisata. 3(6): 431-443, 2010.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Cetakan ke-2. Bayu Media. Malang, 2006

Gurnelius, S,30-minute Sosial Media Marketing. USA: McGraw- Hill Co, 2011

Prisgunanto, Ilham. Komunikasi Pemasaran: strategi dan taktik . Ghalia Indonesia. Bogor, 2006

Durianto, Darmadi, & Liana. Inovasi pasar dengan Iklan yang Efektif. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta. 2003

Hermawan Kertajaya, Kotler, Repositioning Asia, Salemba Empat, Jakarta, 2000

Ferdian Anada Majni, Menyusun Strategi Mengatasi Disrupsi, Media Indonesia, 2017

Ahmad Faiz Zainuddin, Menyongsong Era Abundance, liputan 6.com, 2018

Rhenald Kasali, Era Disruption, kompas.com, 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2018.8(2).120-128

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.