Penerapan Etika Bisnis Islam dalam membangun Loyalitas Pelanggan pada PT. Tanjung Abadi

Yudhita Meika Wardani, Ahmad Ajib Ridlwan

Abstract


Perkembangan bisnis di era Abad ke-21 telah berkembang sangat pesat dan mengalami metamorfosis yang berkesinambungan. Dapat dilihat dari bisnis di Indonesia pada saat ini  menunjukan perkembangan dan kemajuan. Jumlah UMKM pada saat ini setara dengan 99,99% sedangkan usaha besar hanya mencapai 0,01% dari total unit usaha di Indonesia. Hal ini kemudian berdampak pada timbulnya persaingan yang tidak sehat antar usaha dan banyaknya pengusaha muslim yang tidak menerakan etika bisnis islam dalam menjalankan usaha. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis islam pada PT. Tanjung Abadi dalam membangun loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya PT. Tanjung Abadi telah menjalankan bisnisnya sesuai dengan etika bisnis islam yang mencakup lima prinsip etika bisnis islam. Pelanggan merasa puas dan memberikan kepercayaannya kepada perusahaan sebagai pilihan pertama dalam pembelian barang sejenis. Maka dengan adanya hal ini, penerapan etika bisnis islam juga turut membangun loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Sebab loyalitas pelanggan tercipta karena adanya hubungan harmonis dan dengan landasan kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan.


Keywords


Etika Bisnis Islam, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1).37-52

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   

    

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.