Pengaruh kemajuan teknologi dan Literasi Keuangan terhadap Minat Masyarakat untuk Berinvestasi pada Produk Syariah melalui Reksadana dengan Perilaku Keuangan sebagai Variabel Moderasi

Sa'adatun Nisa' Mei Dianty

Abstract


Reksadana di Indonesia berkembang mulai tahun 1976 dengan adanya kemajuan teknologi hal ini berkembang dengan pesat namun literasi keuangan dan perilaku keuangan pada masyarakat indonesia masih rendah meskipun setiap tahun terjadi peningkatan. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk menguji pengaruh kemajuan teknologi dan literasi keuangan terhadap minat masyarakat untuk berinvestasi khususnya pada produk syariah melalui aplikasi investasi reksadana dengan menggunakan variabel moderasi yaitu perilaku keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling untuk pengambilan sampel. Kuesioner akan disebarkan kepada masyarakat di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah sampel sebanyak 116 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda serta melakukan uji analisis generasi moderate, uji t dan koefisien determinasi. Hasil uji statistik penelitian ini menunjukkan bahwa kemajuan teknologi dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on investment secara parsial ataupun simultan. Kemudian untuk behavioral finance dapat memoderasi pengaruh kemajuan teknologi terhadap minat investor. Demikian pula, keuangan perilaku  dapat mengontrol efek literasi keuangan pada hasil investasi.


Keywords


Investasi; kemajuan teknologi; literasi keuangan; perilaku keuangan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1)14-24

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.