Perumusan Model Bisnis Sosial; Modest Fashion Enterprise

Defia Ifsantin Maula

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum mengenai model bisnis modest fashion yang sudah ada sebelumnya kemudian gambaran tersebut dijadikan acuan untuk merancang model bisnis sosial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dalam rangka merancang model bisnis untuk sebuah usaha fashion sederhana. Tujuan penggunaan metode kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh wawasan dari sudut pandang calon pelanggan dan calon penerima manfaat untuk mengidentifikasi karakteristik, perilaku, kebutuhan dan keinginan mereka. Penelitian ini juga secara umum menggambarkan gambaran bisnis fashion sederhana yang ada, yang kemudian juga dapat menjadi acuan dalam merumuskan model bisnis sosial sebuah usaha modest fashion. Dalam merancang model bisnis sosial ini, peneliti mengadaptasi teori sembilan komponen penyusun dari Osterwalder & Pigneur (2010). Berdasarkan hasil dari penelitian ini, menjalankan bisnis di industry modest fashion saat ini dapat dikatakan sebagai peluang besar untuk dijalankan. 

Kata kunci: modest fashion, bisnis sosial, model bisnis, bisnis model canvas

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum mengenai model bisnis modest fashion yang sudah ada sebelumnya kemudian gambaran tersebut dijadikan acuan untuk merancang model bisnis sosial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dalam rangka merancang model bisnis untuk sebuah usaha fashion sederhana. Tujuan penggunaan metode kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh wawasan dari sudut pandang calon pelanggan dan calon penerima manfaat untuk mengidentifikasi karakteristik, perilaku, kebutuhan dan keinginan mereka. Penelitian ini juga secara umum menggambarkan gambaran bisnis fashion sederhana yang ada, yang kemudian juga dapat menjadi acuan dalam merumuskan model bisnis sosial sebuah usaha modest fashion. Dalam merancang model bisnis sosial ini, peneliti mengadaptasi teori sembilan komponen penyusun dari Osterwalder & Pigneur (2010). Berdasarkan hasil dari penelitian ini, menjalankan bisnis di industry modest fashion saat ini dapat dikatakan sebagai peluang besar untuk dijalankan. 

Kata kunci: modest fashion, bisnis sosial, model bisnis, bisnis model canvas


Full Text:

PDF

References


Clawson, T. (2021, October 26). On-Trend: Why Modest Fashion Is Both A Movement And An Entrepreneurial Opportunity. Retrieved from Forbes: https://www.forbes.com/sites/trevorclawson/2021/10/26/on-trendwhy-modest-fashion-is-both-a-trend-an-entrepreneurial-opportunity/?sh=5fd8988e1184

Benissan, E. (2021, May 7). Muslim consumers want luxury. They just can't find it. Retrieved from Vogue Business: https://www.voguebusiness.com/fashion/muslim-consumers-want-luxury-they-just-cant-find-it

Oxford Business Group. (2021). International appeal of Indonesia's modest fashion. Retrieved from Oxford Business Group: https://oxfordbusinessgroup.com/analysis/red-carpet-treatment-popularity-modest-fashion-growing-attracting-attention-top-international-brands

Desilver, D., & Masci, D. (2017, January 31). World’s Muslim population more widespread than you might think. Retrieved from Pew Research Center: https://www.pewresearch.org/fact-tank/2017/01/31/worlds-muslim-population-more-widespread-than-you-might-think/

Dinar Standard. (2020). State of the Global Islamic Economy Report. Salaam Gateaway.

Ahmad, N. (2016). How Modest is Modest Fashion? Exploring Notions of Modesty within the Context of Muslim Women's Hypervisibility on Instagram. Korea-ASEAN Cooperation Project (KACP).

Chan, L. (2017). ASEAN in Focus: The Indonesian Consumer Market. Retrieved from HKTDC Research: https://research.hktdc.com/en/article/Njc3NDg4ODI0

Global Business Guide Indonesia. (2016). Indonesia Aiming to be the Islamic Fashion Capital by 2020. Retrieved from Global Business Guide Indonesia: http://www.gbgindonesia.com/en/manufacturing/article/2016/indonesia_aiming_to_be_the_islamic_fashion_capital_by_2020_11646.php

Ebrahim, A., Battillana, J., & Mair, J. (2014). The governance of social enterprises: Mission drift and accountability challenges in hybrid organizations. Elsevier.

Yunus Centre. (2020). Social Business. Retrieved from Yunus Centre: https://www.muhammadyunus.org/post/2113/social-businesshttps://www.muhammadyunus.org/post/2113/social-business

Battilana, J., Lee, M., Walker, J., & Dorsey, C. (2012). In Search of the Hybrid Ideal. Retrieved from Stanford Social Innovation Review: https://ssir.org/articles/entry/in_search_of_the_hybrid_ideal




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2021.11(2).131-142

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
JESI by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.