Persepsi Dan Minat Masyarkat Terhadap Asuransi Syariah Di Kabupaten Tangerang
Abstract
Abstract
Islamic insurance is an effort to protect each other and help among a number of people through investments in the form of assets or tabarru 'which provide a pattern of taking to face certain risks or dangers through a contract that is in accordance with sharia. This study aims to determine and analyze people's perceptions and interests in Islamic insurance in Tangerang Region.
The sampling technique uses purposive sampling method. The data used are primary data obtained based on respondents' answers to the questionnaire given. This study uses multiple linear regression analysis methods with the classic assumption test, descriptive analysis, t test (partial), F test (simultaneously), and coefficient test.
The results showed that partially the perception and interest variables of the community had a significant positive effect on islamic insurance. Furthermore, simultaneously the perception variable, and community interest have a significant positive effect on islamic insurance in Tangerang Region with a level of significance of less than 5%.
Keywords: insurance, Islamic, perception, interest
Abstrak
Asuransi syariah adalah usaha untuk saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang yang melalui investasi dalam bentuk aset atau tabarru’ yang memberikan pola pengambilan untuk menghadapi risiko atau bahaya tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi dan minat masyarakat terhadap asuransi syariah di Kabupaten Tangerang.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap kuesioner yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik, analisis deskriptif, uji t (secara parsial), uji F (secara simultan), dan uji koefisien.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel persepsi dan minat masyarakat berpengaruh positif signifikan terhadap asuransi syariah. Selanjutnya, secara simultan variabel persepsi, dan minat masyarakat berpengaruh positif signifikan terhadap asuransi syariah di Kabupaten Tangerang dengan level of significance kurang dari 5%.
Kata kunci: Asuransi, Syariah, Persepsi, Minat
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Hasan (2004), Asuransi Dalam Perspektif Hukum Islam, Kencana, Jakarta
Dewi, Gemala (2004), Aspek-Aspek Hukum dalam Perbankan dan Perasuransian Syariah di Indonesia, Prenada Media, Jakarta.
Fatwa Dewan Syariah Nasional No.21/DSN-MUI/X/2001 Tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah.
Ganie, Junaidi, DKK (2011), Hukum Asuransi Indonesia, Sinar Grafika, Jakarta.
Ghozali, Imam, 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hariyadi, Edi dan Triyanto, Abdi (2017) Peran Agen Asuransi Syariah Dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Asuransi Syariah Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 5. No.1, April, 2017.
Hartono, Sri rejeki (2008), Hukum Asuransi dan Perusahaan Asuransi, Sinar Grafika, Jakarta
Iqbal, M. (2005). Asuransi Umum Syariah dalam Praktik, Gema Insani Press, Jakarta.
M. Pudail (2005), Respon Masyarakat Terhadap Asuransi Takaful (Studi Kasus pada Bekas Nasabah Askes Fulmedicare PNS Pemkot Yogyakarta), Tesis UII, Yogyakarta.
Sula, Mumamad Syakir (2004), Asuransi Syariah (Life and General): Konsep dan Sistem Operasional, Gema Insani Press, Jakarta.
T Zulaechah 2012. Analisis Faktor-Faktor Minat Nasabah Memilih Asuransi Syariah (Studi pada Nasabah AJB Bumiputera 1912 Cabang Syariah Semarang), Eprints Walisongo, Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2019.9(2).86-93
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.