PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LOYALITAS DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PANCA DUTA UTAMA

Yovie Ernanda, Vanessa Vanessa, Stefanie Stefanie, Christine Alfa, Edisah Putra Nainggolan

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk melakukan pengujian dan menganalisa pengaruh dari gaya kepemimpinan, loyalitas serta motivasi dan dampak pada kinerja di perusahaan. Dengan memiliki gaya kepemimpinan yang baik, perusahaan bisa membuat karyawan terinspirasi sehingga mereka dapat terdelegasi mengerjakan tugas secara efektif serta mampu maju, berkembang secara bersama-sama, memberikan feedback terhadap prosedur perusahaan. Loyalitas adalah dedikasi, kepercayaan, dan komitmen yang ditunjukkan oleh karyawan kepada perusahaan yang bertanggung jawab atas pekerjaannya. Karena kurangnya loyalitas di antara para pekerja, mereka tidak bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas-tugas perusahaan. Motivasi adalah kemampuan untuk menggerakkan individu atau kelompok untuk bertindak guna mencapai tujuan. Untuk memastikan bahwa para pekerja terlibat dan merasa nyaman di tempat kerja, organisasi harus mempertimbangkan kualitasnya saat melakukan tugas-tugasnya. Delapan puluh responden menjadi sampel dalam penelitian kuantitatif ini. Sampling jenuh digunakan dalam pengolahan data regresi linier berganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi, loyalitas, dan gaya kepemimpinan secara signifikan dan positif mempengaruhi kinerja. Kinerja dipengaruhi secara simultan oleh motivasi, loyalitas, dan gaya kepemimpinan.

Keywords


Gaya Kepemimpinan, Loyalitas, Motivasi, Dan Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Batubara, M., Ramadani, P., Fachrina, R., Putri, I. A., & Prayoga, F. (2022). Analisis Kasus Gagal Bayar Klaim Nasabah Dalam Perusahaan Asuransi Jiwasraya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(4), 633–640. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i4.989

Suryono, K. E., & Alfin Rahadat, B. (2020). Tanggung Jawab Hukum Pt Jiwasraya Terhadap Nasabah. Jurnal Meta-Yuridis, 3(2), 47–70. https://doi.org/10.26877/m-y.v3i2.5860

Shardin, S. (2020). Tanggung Jawab Hukum Pt. Asuransi Jiwasraya Terhadap Pemegang Polis Di Tinjau Dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian.

Sidik, S. (2020). Kacau! Produk Saving Plan Jiwasraya Melanggar Undang-Undang. CNBC Indonesia, 1–5. https://www.cnbcindonesia.com/market/20200907153748-17-184951/kacau-produk-saving-plan-jiwasraya-melanggar-undang-undang

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Kencana Predana Media Group.

Governance, K. N. K. (2008). Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia, Https://knkg.or.id/.

Holsti, O. R. (1969). Content Analysis for the Social Science and Humanities. Addison – Westley Publishing.

Putri, K. A. (2024). Akhir Perjalanan Panjang Jiwasraya. Infobanknews.Com, 1–5. https://infobanknews.com/akhir-perjalanan-panjang-jiwasraya/

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Siswantaya, I. G. (2007). Mekanisme Corporate Governance Dan Manajemen Laba Studi Pada Perusahaan Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Universitas Diponegoro Semarang.

Lumbanrau, R. E. (2019). Jiwasraya: Dari gagal bayar klaim triliunan rupiah hingga dugaan tindakan curang. BBC Indonesia, 1. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-50821662.amp




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).893-900

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.