CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI MODERASI: SUDUT PANDANG LITERATURE REVIEW

Andi Maghfirah Zainal, Chindy Putri Ardhana, Nur Fitri Amaliah, Mahardhika Mahardhika, Muh Israq Rahman, Muh Ade Saputra Ilyas, Muryani Arsal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan antara Corporate Social Responsibility (CSR) dan nilai perusahaan, dengan fokus pada ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kinerja keuangan, jenis industri, dan usia perusahaan. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan studi literatur, penelitian ini menyoroti pentingnya faktor-faktor tersebut dalam implementasi CSR dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan yang lebih besar, tingkat profitabilitas yang tinggi, kinerja keuangan yang baik,  jenis industri di mana perusahaan beroperasi, dan usia perusahaan yang lebih tua dapat memperkuat hubungan positif antara CSR dan nilai perusahaan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perusahaan memperhatikan faktor- faktor tersebut dalam merancang strategi CSR yang efektif untuk meningkatkan nilai perusahaan dan hubungan dengan pemangku kepentingan.


Keywords


CSR,Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Literature Review

Full Text:

PDF

References


AA Gde Trisna D. P., M. G. W. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Asing Sebagai Variabel Pemoderasi (Vol. 19).

Alfahruqi, F., Indrabudiman, A., & Handayani, W. S. (2022). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Size, Dan Aktivitas Perusahaan Terhadap Profitabilitas. JAST Journal of Accounting Science and Technology, 2(1), 1–94. www.idx.co.id.

Alfira Riski, I. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2017-2021). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 12(4), 1–12. http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Bella Angraini, B. A., & Murtanto. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1823–1830. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.16424

Dewi I Gusti Ayu Agung Ratna Kusuma. (2023). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Vol. 10, Issue 2).

Dewi, N. P. K. K., & Nyoman Badera, I. D. (2023a). Umur Perusahaan Memoderasi Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure dan Profitabilitas Pada Nilai Relatif Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 33(10). https://doi.org/10.24843/eja.2023.v33.i10.p14

Dewi, N. P. K. K., & Nyoman Badera, I. D. (2023b). Umur Perusahaan Memoderasi Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure dan Profitabilitas Pada Nilai Relatif Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 33(10). https://doi.org/10.24843/eja.2023.v33.i10.p14

Dharma Wangsa, A. (2023). Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Elpanso, E., Humairoh, I., Studi Akuntansi, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Bina Darma Palembang Jalan Jenderal Ahmad Yani No, U. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Studi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di BEI.

Erlina Sasanti, E., & Ali Fikri, M. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Tata Sejuta, 9(1), 260–270. http://ejurnalstiamataram.ac.id

Nuridah Siti, S. J. D. (2023). Pengaruh Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap

Struktur Modal Pada Perusahaan Ritel. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi (Jumia), 1(1), 155–169.

Nurul Dzikir, A. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Https://Www.Idx.Co.Id

Octoriawan Annisa, R. E. (2019). Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Moderasi Ukuran Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 11(2), 60–69.

Prena, G. Das, & Muliyawan, I. G. I. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 19(2), 131–142. Https://Doi.Org/10.22225/We.19.2.1955.131-142

Purnamasari, L., & Masyithoh, S. (2016). Pengaruh size, profitabilitas, dan leverage terhadap corporate social responsibility (csr) disclosure (Vol. 1, Issue 1). http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JIAM/issue/view/55

Ulinnuha Riza Ilma, P. H. T. (2021). Pengaruh Csr Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Bei 2014-2018. Journal of Sustainability Business Research, 2(3), 117–124.

Wahyu Pradana, R., & Ermayanti Susilo, D. (2023a). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Journal on Education, 06(01), 9537–9547.

Wahyuni, W., A P, I. N. N., & Hidayati, S. A. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Pemoderasi Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2010 - 2017. Jmm Unram - Master Of Management Journal, 7(2), 72–85. https://doi.org/10.29303/jmm.v7i




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).271-278

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.