CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: LITERATURE REVIEW PENDEKATAN BIBLIOMETRIK VOSVIEWER

Anggita Nurcahyani, Ahmad Khoirul Ifan, Engga Jalaludin

Abstract


Perusahaan berkewajiban meningkatkan kinerja operasional untuk memperoleh laba keuangan. Namun perkembangan era modern perusahaan memiliki peran tanggung jawab yang lebih luas dalam hal aktivitas ekonomi dan turut andil sebagai bagian dari aktivitas sosial masyarakat yaitu dengan adanya penerapan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi CSR dan tren pemetaan kajian berdasarkan publikasi ilmiah. Peneliti menganalisis publikasi ilmiah sebanyak 165 dokumen yang terbit pada 2008-2023 dengan pendekatan bibliometrik menggunakan VOSviewer. Hasilnya diperoleh bahwa tren penelitian mengenai CSR cukup berkembang signifikan selama 16 tahun. Berdasarkan visualisasi network co-author diperoleh terdapat 9 penulis pada penelitian ini yang paling banyak menulis artikel CSR. International Journal of Bank Marketing menjadi jurnal dengan jumlah terbitan artikel CSR paling banyak yaitu 6 dokumen. Berdasarkan pemetaan bibliometrik diperoleh hasil bahwa perusahaan dalam berbagai sektor sudah melaksanakan CSR dengan program yang beragam. Namun perlu ada peningkatan dalam melaporkan aktivitas CSR kepada masyarakat. Kata kunci yang belum banyak dibahas terkait CSR yaitu Firm Value, Zakat, CSR Information, Employee, dan Customer. Sehingga dapat dijadikan rekomendasi bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian CSR lebih dalam yang berkaitan dengan topik-topik tersebut.

Keywords


Bibliometric; CSR; VOSviewer

Full Text:

PDF

References


Andayani, S. U., Eliza, Fachrurazi, Solikahan, E. Z., Syadzili, M. F. R., Ekowati, D., Reza, V., Gobel, L. V., Sari, Y. P., Khasanah, Haryati La Kamisi, & Syahrial, M. (2022). Konsep Dasar Etika Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.

Carrol, A. B. (1991). The Pyramid of Corporate Social Responsibility: Toward the Moral Management of Organizational Stakeholders. Business Horizon, 34(4).

Fadillah, I. N., Ayu, A. C., Adawiyah, R., & Pramono, A. F. (2023). Literature Review: Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Citra Positif Bank Syariah di Masyarakat. IJMA: Indonesian Journal of Management and Accounting, 4(1).

Fatwara, M. D., Hasibuan, A. N., Nursalam, L., & Rahmadi, Z. T. (2022). Analisis Faktor Corporate Social Responsibility dipengaruhi Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Profitabilitas. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2(1).

Fauzan. (2011). Corporate Social Responsibility dan Etika Bisnis (Perspektif Etika Moral Immanuel Kant). MODERNISASI, 7(2).

Hadi, N. (2010). Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu.

Junaidi. (2016). Analisis Pengungkapan CSR Perbankan Syariah di Indonesia Berdasarkan Islamic Social Reporting Index. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 16(1).

Karballa, F. Z., & Sarwoprasodjo, S. (2018). Hubungan Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility dengan Pembentukan Citra Perusahaan. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 2(6). https://doi.org/10.29244/jskpm.2.6.773-782

Khan, M. M. (2016). CSR standards and Islamic banknig practice: A case of Meezan Bank of Pakistan. The Journal of Developing Areas, 50(5), 295–306. https://doi.org/10.1353/jda.2016.0046

Lestari, E., & Amrina, D. H. (2023). Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan. IJMA: Indonesian Journal of Management and Accounting, 4(1).

Limbong, C. H. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 6(2). https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.11

Mahmud, A., Ding, D., & Hasan, Md. M. (2021). Corporate Social Responsibility: Business Responses to Coronavirus (COVID-19) Pandemic. SAGE Open, 11(1). https://doi.org/10.1177/2158244020988710

Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Panduan Lengkap Analisis Bibliometrik dengan VOSviewer: Memahami Perkembangan dan Tren Penelitian di Era Digital. Penerbit Adab.

Nurcahyani, A., & Suriati, A. (2021). Comparative Analysis of Corporate Social Responsibility Islamic Banking In Indonesia and Malaysia. Banque Syar’i: Jurnal Ilmiah Perbankan Syariah, 7(1).

Oktina, D. A., Sari, E. S., Sunardi, I. A., Nurul, L., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi CSR (Corporate Social Responsibility) dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada PT. Pertamina (Persero) Tahun 2018. Kompetensi, 14(2).

Palazzo, M., Vollero, A., & Siano, A. (2020). From strategic corporate social responsibility to value creation: An analysis of corporate website communication in the banking sector. International Journal of Bank Marketing, 38(7). https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2020-0168

Platonova, E., Asutay, M., Dixon, R., & Mohammad, S. (2016). The Impact of Corporate Social Responsibility Disclosure on Financial Performance: Evidence from the GCC Islamic Banking Sector. Journal of Business Ethics, 151(2). https://doi.org/10.1007/s10551-016-3229-0

Sahla, W. A., & Aliyah, S. S. R. (2016). Pengungkapan Corporate Social Responsibility berdasarkan Global Reporting Initiative (GRI-G4) pada Perbankan Indonesia. Jurnal INTEKNA, 16(2).

Sarwar, A., & Azam, S. M. F. (2013). Corporate Social Responsibility in Malaysia: The Role of Corporate Sector in Supporting the Community and the Environment. The International Journal’s Research Journal of Commerce & Behavior, 02(03).

Sofyanty, Y. R., Hamid, D., & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis Penerapan CSR dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Hotel Ibis Surabaya City Center). Jurnal Administrasi Bisnis, 42(2).

Undang-Undang Perseroan Terbatas No 40 Tahun 2007.

Wicaksono, A. (2023). Analisis Bibliometrik Corporate Social Responsibility Dalam Sektor Pariwisata. Jurnal Tourisn, 6(1).

Wulandari, S. (2016). The Impact of Corporate Social Responsibility on Accrual Earnings Management and Real Earnings Management. ETIKONOMI, 15(1). https://doi.org/10.15408/etk.v15i1.3116

Yusuf, M. Y. (2017). Islamic Corporate Social Responsibility (I-CRS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS): Teori dan Praktik. Prenada Media.

Zamzam, H. F., & Aravik, H. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).274-285

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.