ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI APLIKASI DANA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MASYARAKAT KOTA MEDAN

Lisa Feronika, Lidia Sartika Lumbangaol, Roger Tanshia, Roza Maya Sari, Efry Kurnia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak kualitas pelayanan, promosi, dan harga terhadap tingkat kepuasan pelanggan dalam penggunaan dompet digital DANA. Responden dari penelitian ini adalah warga Kota Medan, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan metode SMART PLS untuk mengevaluasi validitas dan keandalan variabel, serta untuk menentukan apakah variabel independen memiliki dampak positif terhadap variabel dependen, atau sebaliknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Kota Medan, kualitas layanan aplikasi DANA memengaruhi kepuasan pelanggan secara positif. Namun, promosi aplikasi tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Terdapat juga keseimbangan yang baik antara biaya dan kepuasan pelanggan dalam penggunaan aplikasi ini. Secara keseluruhan, baik kualitas layanan maupun harga berkontribusi positif terhadap kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, untuk memastikan kepuasan pelanggan yang optimal, penting untuk menjaga kualitas layanan dan menetapkan harga yang sesuai dengan nilai yang diberikan kepada pelanggan.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Apriliani, R. W. (2023). Dampak Kemudahan, Fitur Layanan, dan Upaya Promosi pada Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen (Disertasi Doktoral, Universitas Putra Bangsa).

Gunawan, A., Wahyuni, N., & Nursekha, V. (2021). Evaluasi Kualitas Layanan Aplikasi Dana terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sistem Terintegrasi, 4(2), 181-198.

Setiawan, A., Maria, B., Endriyati, F. E., Wijanarko, M. F., & Marliya, S. (2022). Format Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi E-Wallet Dana. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6865-6874.

Heryanti, A. H. (2023). Evaluasi Kualitas Layanan Aplikasi Dana terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan dalam Transaksi Online sebagai Alat Pembayaran Elektronik (E-Payment). Jurnal Pendidikan, 5(3), 8080-8096.

Sutanto, E. M. (2020). Analisis Pemilihan Aplikasi Pembayaran DANA (Disertasi Doktoral, Universitas Kristen Petra).

Setiawan, A., Maria, B., Endriyati, F. E., Wijanarko, M. F., & Marliya, S. (2022). Model Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi E-Wallet Dana. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6865-6874.

Maulidin, T., Alexander, N., & Zulbetti, R. (2022). Evaluasi Kualitas Pelayanan dan Dampaknya pada Kepuasan Pelanggan di PT Bhakti Idola Tama Bandung. Eqien- Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 519-524.

Nurulhuda, E. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Layanan Go-Ride di Kota Tasikmalaya: Survei pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Periode Tahun 2018 Universitas Perjuangan Tasikmalaya. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3450-3454.

Karmila, M. S., Lestari, S. P., & Risana, D. (2023). Dampak Promosi dan Ketersediaan Produk pada Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Prianka Gallery Tasikmalaya). Jurnal Transformasi Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2(3), 254-267.

Lumempow, K. R., Worang, F. G., & Gunawan, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Swiss Belhotel Maleosan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 11(1), 1-11.

Kusumawardhani, D. A., & Purnaningrum, E. (2021). Persebaran Pengguna Dompet Digital di Indonesia berdasarkan Analisis Google Trends. Jurnal Inovasi, 17(2), 377-385.

Harahap, L. K., & Pd, M. (2020). Analisis SEM (Model Persamaan Struktural) dengan SMARTPLS (partial least square). Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, 1(1).

Budianto, E. W. H. (2022). Pemetaan Penelitian Seputar Akad Musyarakah pada Lembaga Keuangan Syariah: Studi Bibliometrik VOSviewer dan Literature Review. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 25. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1).25-36

Fradesa, F., Arzuna, P., & Sawitry, M. (2022). Potensi Wisata Syariah Candi Muara Jambi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, XII(1), 53–68.

Hasan, Z., Jayanti, E. D., Azlina, N., Lestari, R., & Muslim, M. (2022). Prospect of Islamic Electronic Money in Indonesia: Case Study on the LinkAja Application. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 1. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1).1-13

Mei Dianty, S. N. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi dan Literasi Keuangan terhadap Minat Masyarakat untuk Berinvestasi pada Produk Syariah melalui Reksadana dengan Perilaku Keuangan sebagai Variabel Moderasi. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 14. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1)14-24




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).282-291

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.