ANALISIS PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF

Gri Sella, Ricky Rafii Ritonga, Edisah Putra Nainggolan

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak dari strategi bisnis, khususnya promosi, harga, dan kualitas pelayanan, terhadap tingkat keputusan pembelian di PT. Depo Otomotif Internasional Palapa. Responden dalam survei ini adalah pelanggan yang berinteraksi dengan PT. Dipo Otomotif Internasional Palapa. Penelitian ini menggunakan metode pemodelan persamaan struktural parsial terkecil kuadrat (SEM-PLS) untuk menguji validitas, reliabilitas, dan dampak positif dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pemasaran yang melibatkan aspek Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan memiliki dampak positif terhadap keputusan pembelian konsumen dan tingkat kepuasan mereka. Oleh karena itu, PT. Dipo Internasional Palapa Otomotif sebaiknya mempertimbangkan untuk mengintegrasikan elemen-elemen ini ke dalam strategi pemasaran mereka. Dengan memfokuskan upaya pada peningkatan Promosi, penentuan Harga yang sesuai, dan peningkatan Kualitas Pelayanan, PT. Dipo Internasional Palapa Otomotif memiliki peluang untuk meningkatkan daya tarik produk mereka, meningkatkan tingkat kepuasan konsumen, serta merangsang keputusan pembelian. Kesimpulan ini dapat menjadi dasar bagi perusahaan untuk mengoptimalisasi strategi pemasaran mereka guna memperoleh keunggulan kompetitif dan mencapai keberhasilan di pasar otomotif.

Keywords


Iklan, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Haritza, D. (2023). Dampak citra merek, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui minat pembelian mobil Wuling di Kota Makassar (Tesis Doktor, Universitas Hasanuddin).

Herliyanshah, R. (2018). Pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada pengguna Go-Jek di Sleman).

Wilis, N.R. (2019). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario di Dealer Agung Motor Honda di Warjaen Ganjuk (Disertasi Doktor, IAIN Kediri).

Faisal, M. (2023). Pengaruh label Halal, persepsi harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian kopi di Kedai Kopi Benkaris Pekanbaru (Disertasi Doktor, Universitas Islam Negeri Sultan Sharif Qasim Riau).

Rahmasari, A. (2020). Strategi pemasaran untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen Muslim di Elzatta Bandar Lampung (Disertasi Doktor, UIN Raden Intan Lampung).

Jamil, A.Y.A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian sepeda motor Honda (Studi kasus pengguna sepeda motor Honda di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan).Gumeral, G. (2023). Pengaruh kepercayaan merek, kesadaran merek, dan positioning merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Disertasi Doktor, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Budianto, E. W. H. (2022). Pemetaan Penelitian Seputar Akad Musyarakah pada Lembaga Keuangan Syariah: Studi Bibliometrik VOSviewer dan Literature Review. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 25. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1).25-36

Fradesa, F., Arzuna, P., & Sawitry, M. (2022). Potensi Wisata Syariah Candi Muara Jambi terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, XII(1), 53–68.

Hasan, Z., Jayanti, E. D., Azlina, N., Lestari, R., & Muslim, M. (2022). Prospect of Islamic Electronic Money in Indonesia: Case Study on the LinkAja Application. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 1. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1).1-13

Mei Dianty, S. N. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi dan Literasi Keuangan terhadap Minat Masyarakat untuk Berinvestasi pada Produk Syariah melalui Reksadana dengan Perilaku Keuangan sebagai Variabel Moderasi. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 12(1), 14. https://doi.org/10.21927/jesi.2022.12(1)14-24




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(1).276-281

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.