Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pada Pemerintah Kabupaten Bombana

Erlin Hasman, Nofal Supriaddin, Asraf Asraf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pada Pemerintah Kabupaten Bombana. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi SAKIP di Pemerintah Kabupaten Bombana dilihat dari dimensi Pencapaian tujuan secara keseluruhan telah melakukan pentahapan terkait pelaksanaan SAKIP namun belum optimal dikarenakan masih terfokus dalam memperbaiki tahap dalam aspek perencanaan kinerja terkait pelaksanaan SAKIP dikarenakan masih kurangnya pemahaman OPD dalam menentukan Indikator Kinerja Utamanya. (2) Dilihat dari dimensi Integrasi pada Pemerintah Kabupaten Bombana masih melakukan perbaikan dalam hal pengukuran kinerja dikarenakan indikator kinerja pada beberapa perangkat daerah belum seluruhnya dapat digunakan sebagai tolak ukur setiap pencapaian tujuan atau sasaran kinerja. (3) Dilihat dari dimensi Adaptasi terkait aspek Evaluasi yang dilakukan dalam penyelenggaraan SAKIP menyatakan bahwa evaluasi antar setiap OPD belum dilakukan dengan optimal serta ketersediaan sarana dan prasarana berbasis IT koneksi belum memadai meskipun peralatan dan perlengkapan kantor sudah memadai. Dan juga masih kurangnya pembinaan terhadap sumber daya manusia yang disebabkan terbatasnya anggaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pada Pemerintah Kabupaten Bombana. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi SAKIP di Pemerintah Kabupaten Bombana dilihat dari dimensi Pencapaian tujuan secara keseluruhan telah melakukan pentahapan terkait pelaksanaan SAKIP namun belum optimal dikarenakan masih terfokus dalam memperbaiki tahap dalam aspek perencanaan kinerja terkait pelaksanaan SAKIP dikarenakan masih kurangnya pemahaman OPD dalam menentukan Indikator Kinerja Utamanya. (2) Dilihat dari dimensi Integrasi pada Pemerintah Kabupaten Bombana masih melakukan perbaikan dalam hal pengukuran kinerja dikarenakan indikator kinerja pada beberapa perangkat daerah belum seluruhnya dapat digunakan sebagai tolak ukur setiap pencapaian tujuan atau sasaran kinerja. (3) Dilihat dari dimensi Adaptasi terkait aspek Evaluasi yang dilakukan dalam penyelenggaraan SAKIP menyatakan bahwa evaluasi antar setiap OPD belum dilakukan dengan optimal serta ketersediaan sarana dan prasarana berbasis IT koneksi belum memadai meskipun peralatan dan perlengkapan kantor sudah memadai. Dan juga masih kurangnya pembinaan terhadap sumber daya manusia yang disebabkan terbatasnya anggaran


Keywords


Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Full Text:

PDF

References


terhadap return Saham pada Perusahaan Manufaktur di BEI, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol 9 No1, pp 773.

Angelia, R., Siagian, J., and Mangani, K.S. 2021. The formation of optimal stocks portfolio using Markowitz, single index, and Capital Asset Pricing Models on LQ45 Index of 2016-2020 period, Technium Social Sciences Journal Vol 25, pp 273-288.

Aslam, A. P., Nisa, N. A., Wilda, W., and Putra, M. A. F. A. 2022. Analysis of the Single Index Model in the Banking Sector in LQ 45 Period 2020-2022, Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika Vol 19, No 2, pp 131-142.

Desiyanti, R. 2017. Teori Investasi dan Portofolio. Sumbar: Bung Hatta University Press.

Ditasari, R. A. & Pradana, A. I. 2021. Analysis of Optimal Portfolio Comparsion on Shares of Sri Kehati by Using Single Index Model and Random Model, International Journal of Science, Technology & Management, Vol 2 No 4, pp 1274.

Hartono J. 2013. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: Buku Bhakti Profesindo

Hermawati, R. & Suganjar. 2020. Analisis Pengaruh Motivasi, Kompensasi, dan Pengembangan SDM terhadap Kinerja Anak Buah Kapal Deck Department Melalui Variabel Intervening Kepuasan Kerja, Majalah Ilmiah Bahari Jogja (MIBJ), Vol 18, No 1, p. 1-13.

Hidayat, W. W. 2020. Konsep Dasar Investasi dan Pasar Modal. Jakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2023.4(2).385-392

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.