Pengaruh Promosi Media Sosial dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Tho Masagena)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi Media Sosial dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Tho Masagena). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang dengan Teknik accidental sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS versi 20, dengan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan secara simultan variabel Promosi Media Sosial dan Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara parsial Promosi Media Sosial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, hal ini ditunjukan oleh nilai t hitung – 0.405 lebih kecil dari t tabel 2.002 (-0.405 < 2.002) dan tingkat sig. 0.687 (0.687 > 0.05) dan secara parsial Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keeputusan Pembelian ditunjukan oleh nilai t hitung 7.371 lebih besar dari t tabel 2.002 ( 7.371> 2.002 ) dan tingkat sig 0,000 < 0,05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Lia dan Anwar, Muhadjir. (2022). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan
Abd Rasyid, R., Moniharapon, S., & Trang, I. (2018). Pengaruh strategi promosi melalui social media, kualitas layanan dan word of mouth terhadap keputusan pembelian sepeda motor suzuki pada pt. sinar galesong mandiri malalayang manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).
Am Mustakim, S. (2019). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Brand Awareness Dan Region Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Lesehan Bebek Goreng Asli Gunung Kidul. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 5(1), 20-29.
Belch, George E., Belch, Michael A. 2009. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective, 8th Edition. New York. McGraw-Hill Companies.
Budianto, A. (2015). Bauran Promosi, Lingkungan Internal Individu, Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 68-75.
Babin, Barry. (2015). “Modelling Consumer Satisfaction and Word Of Mouth: Restaurant Patronage In Korea”. The Journal Of Service Marketing.
Gurnelius, S. (2011) 30-minute Sosial Media Marketing, McGraw-Hill Companies, United States
Hakim, L., & Pambudi, B. S. (2021). Pengaruh Promosi Online Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Ud. Bintang Sembilan). Competence: Journal of Management Studies, 15(2), 204-214
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga
Hutahaean, Jeperson. 2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish Ibrahim, A., & Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap
Keputusan Pembelian (studi Pada Konsumen Waroeng Steak And Shake Jl. Banteng No. 14 Bandung). eProceedings of Management, 4(2).
Joesyiana, K. (2018). The effect of word of mouth on consumer purchasing decisions at Shopee (online shop) in Pekanbaru. Valuta, 4(1),habfabah 71-85.
Keller, Kotler. dan. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Khoiro, F., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh promosi media sosial terhadap keputusan pembelian Dengan viral marketting sebagai variabel intervening (studi pada konsumen warung siji house and resto malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(13).
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2023.4(2).186-191
Editorial Office:
Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata
Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.