Pengaruh Literasi Keuangan Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fai UMSU)

Tri Novita Novita Syahfitri, Dilla Ariska, Salsabila Syafa Azrah, Rialdha Ismadillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan dan keagamaan syariah terhadap keputusan mahasiswa menggunakan layanan perbankan syariah. Variabel yang terikat dalam penelitian ini adalah keputusan mahasiswa, sedangkan variabel bebasnya adalah pengetahuan keuangan Islam, merek Islam dan religiusitas. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa aktif ISP angkatan 2021-2022 dan 2022-2023 yang bertransaksi di perbankan syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa aktif ISP angkatan 2021-2022 dan 2022-2023 yang bertransaksi dengan perbankan syariah, dengan data yang terkumpul berjumlah 150 responden. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode partial least square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa menggunakan layanan perbankan syariah, sedangkan variabel religiusitas berpengaruh positif namun negatif. tidak penting bagi keputusan siswa. menggunakan layanan perbankan syariah


Keywords


Menggunakan Jasa Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, dan Keputusan Mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


AJ Sari, R Pradesyah. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Bandar Parkland, Klang Selangor, Malaysia dalam Melakukan Transaksi di Bank Islam. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 6 (1).

Ancok, D dan Suroso F. N. (2020). Psikologi Islami Solusi Islam Atas ProblemProblem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djuwita, D., & Yusuf, A, A. (2018). Tingkat Literasi Keuangan Syariah Di Kalangan UMKM Dan Dampaknya Terhadao Perkembangan Usaha. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 10(1).

Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 473-486.

Handida, R. D., & Sholeh, M. (2018). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 12(2), 84-90.

Lestari M A. (2015). Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Skripsi

Nasrullah, M. 2015. Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam (JHI). 13 (2): 79-87.

Nopitasari, E. (2017). Pengaruh Lokasi Produk, Reputasi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa IAIN Surakarta Menggunakan Bank Syariah. Skripsi.

Nurrohmah, R, F., & Purbayati, R (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah) 3(3), 140-153.

Rahayu Y (2020). Analisis Tingkat Literasi dan Inklusi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor Pada Perbankan Syariah. Jurnal AKSARA PUBLIC Vol 4 No 4 (95-102).

Raihan. (2016). Pengambilan Keputusan Dalam Kepemimpinan Manajemen Dakwah. Jurnal Al-Bayan Vol 22, No. 34.

Ranto, D. W. P. (2016). Menciptakan Islamic Branding Sebagai Strategi Menarik Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2).

Remund, D.L. (2010). “Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy”. The Journal of Consumer Affairs (Vol. 44(2)).

Ruwaidah H S. (2020). Pemgaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Shariah Governance Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam Vol. 1, No. 1, 79-106.

Santoso, I. (2019). Branding Islam dan Religiusitas Individu Pada Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Produk Bank Syariah. BASKARA: Journal of Bussiness and Entrepreneurship, 2(1), 1-12.

Shobah, N. (2017). Analisis Literasi Keuangan Syariah terhadap Penggunaan Jasa Perbankan Syariah sebagai Upaya Meningkatkan Sharia Financial Inclusion. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Wijanarko A & Rachmawati L. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam Vol. 3, No 1, 104-116.

Yunus, Nor, dkk. 2014. Muslim’s Purchase Intention Toward Non Muslim’s: Halal Puckaged Food Manufacturer.Procedia-Social And Behavioral Sciences




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2023.4(1).131-146

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.