Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah BSI Cabang Medan (Studi Kasus FAI UMSU)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk terhadap kepuasan nasabah, untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang menggunakan BSI sebagai tempat menabung dan transaksi, dengan mengambil Program studi Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan atau pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dari Google Form yang disebarkan melalui sosial dan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan uji Statistik dan pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (SmartPLS 3.0). Pada perhitungan menggunakan SmartPLS 3.0 yaitu menunjukkan bahwa Kualitas Produk (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah dengan nilai t-statistic 2.361 dan P-values 0.018, namun pada Kualitas Pelayanan (X2) tidak berpengaruh terhadap Kepuasan nasabah karen nilai t-statistic 1.943 dan p-values 0.052. Dan pada Promosi(X3) juga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dikarenakan nilai t-statistic 1.688 dan p-values 0.091
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hermawan, H. (2016). Analisis Pengaruh Tingkat Pengalaman Dan Coaching Style Terhadap Kualitas Kepemimpinan Manajer Proyek Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Di Pt. Jci. Jurnal PASTI, XI(1), 84–97.
Made, fernando fajar. (2018). Pengaruh kualista produk,harga,promosi,dan distribusi terhadap keputusan pembelian produk SANITARY WARE TOTO DIKOTA DENPASAR. 7. No.1.
Maskuri, M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Romosi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(03), 184–192. http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jpw
P Panca, W. A., Jamin Ariana, I. N., & Arismayanti, N. K. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Wisatawan dan Citra Hotel Melati di Kelurahan Seminyak Kabupaten Badung Bali. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 1(1), 65–72.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2023.4(1).123-130
Editorial Office:
Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata
Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.