Analisis Maqashid Syariah Terhadap Minat Menginap Kembali Di Hotel Syariah Indonesia

Sarah Maulina, Rosida Dwi Ayuningtyas

Abstract


Peningkatan ekonomi syariah dilakukan melalui halal tourism yang didalamnya terdapat unsur pemenuhan akomodasi syariah, seperti hotel syariah. Dalam kemaslahatan unsur maqashid syariah selalu menjadi yang utama dalam pemenuhan kebutuhan-kebutuhan hidup manusia. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh maqashid syariah terhadap minat menginap kembali di hotel syariah.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penentuan sampel insedental sampling, dimana sampel yang dipilih sesuai dengan karakteristik tertentu sejumlah 100 responden dengan pengumpulan data kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Variabel Dharuriyat berpengaruh signifikan terhadap Minat Menginap Kembali di Hotel Syariah Indonesia dengan tingkat signifikansi 0,012 lebih kecil dari 0,05. (2). Variabel Hajiyat berpengaruh signifikan terhadap Minat Menginap Kembali di Hotel Syariah Indonesia yang dengan tingkat signifikansi 0,007 lebih kecil dari 0,05. (3). Variabel Tahsiniyat tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Menginap Kembali di Hotel Syariah Indonesia dengan tingkat signifikansi 0,604 lebih besar dari 0,05

Keywords


Maqashid Syariah, Minat Menginap Kembali, Hotel Syariah

Full Text:

PDF

References


Atiqi Cholisni Kiki Damayanti. (2017). Analisis Maqashid Al-Syari’ah Dalam Keputusan Konsumen Memilih Hunian Islami Pada Perumahan Villa Ilhami Tangerang.

Aditya, P., Agung G. S. (2017). Analisis Konsep Hotel Syariah Pada Hotel Sofyan Jakarta Sebagai World's Best Familly Freindly Hotel. Jurnal Sains Terapan Pariwisata.2(3), 354–367.

Indri Yuliafitri, Euis Nurhayati, G. K. P. A. (2019). Pengaruh Penerapaan Maqashid Syariah terhadap Corporate Governance di Hotel Syariah.

Chaidir Iswanaji, S. A. K. M. Z. N. H. (2021). Lembaga Keuangan Syariah: Buku Ajar Konsentrasi Syariah. https://penerbitadab.id

Jariah, A. (2021). Analisis penerapan manajemen syariah melalui pendekatan maqashid asy-syariah pada Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan.

M.Zidny Nafi’ Hasbi. (2021). Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Tingkat Kemampuan Pengeluaran Zakat Pada BUSN Devisa. 1(2), 89–102.

Mohammad Zaini Yahya, Muhammad Adib Samsudin, M. I. A. M. K. (2020). Anlisis Standard Hotel Mesra Muslim di Malaysia Berdasarkan Perspektif Maqashid Syariah.

Cahyono, D., Qomariah, N., & Perusahaan, C. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi, XX(Xx), 1–5.

Hasbi, Z. N., & Fitriyanto, N. (2021). Pengaruh Kualitas Audit Dan Komite Audit Terhadap Perilaku Penghindaran Pajak (Tax Avoidance). Maksimum, 11(1), 58. https://doi.org/10.26714/mki.11.1.2021.58-66

Hasbi, M. Z. N., & Widayanti, I. (2021). Analysis of Ijarah Contract Service Innovations in Sharia Banking Transactions. 282–290.

Yandra R, Supardi., dan Edi, Y. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pemilihan Hotel. Jurnal As-Said. LP2M. Insitut Agama Islam Abdullah Said Batam. 1(1)

Hapsariwati, Zulfia, K. A., Indra, P. (2020). Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menginap Di Grand Q Hotel Kota Gorontalo. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis. 2(2), 2621–3230.

Shaharuddin, N. A., Kassim, S., Yusof, A. M., Bakar, N. A., & Talib, N. A. C. (2018). The Customer's Perception Towards Shariah-Compliant Hotel in Malaysia. International Journal Of Academic Research in Business & Social Scienes.8(15), 109–130.

Hafizah, N., Mohammad, Z. Y. (2021). Kriteria Hotel Patuh Syariah Menurut Maqashid Al-Syari'ah: Satu Sorotan Literatur. Prosiding Kolokium Antarbangsa Siswazah Pengajian Islam (KASPI).

M. Albarzan. (2020). Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Di Hotel UNISI Yogyakarta (Perspektif Peraturan Pemerintah Dan Perspektif Maqashid Syariah.

Buchari Alma. (2003). Pengertian, Tujuan dan Manfaat Lokasi. databoks.katadata.co.id (Jumlah Penduduk Menurut Agama, 2021). (n.d.).

Fandy Tjiptono. (2016). Ii, B. A. B. (2018). Bab ii landasan teori 2.1. 7–26.

Kasmir. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen.

Imam Asy-Syatibi. (2012). Al-Muwafaqat Fi Usulli Syariah : Maqashid Syariah.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif (Issue August).

Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal, K. R. (2017). Destinasi Wisata Halal Di Indonesia.

Zakiah Daradjat. (2012). Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pemilihan Mengin




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2023.4(2).96-109

Editorial Office:

Faculty of Islamic Economics and Business, Universitas Alma Ata

Jl. Brawijaya No.99, Jadan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

Lisensi Creative Commons
IJMA by http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.