Hubungan Persepsi Tentang Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta
Abstract
Peranan tenaga kerja sangat penting dalam menunjang keberhasilan setiap organisasi, khususnya yang bergerak di bidang jasa. Pegawai di rumah sakit mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi persepsi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Persepsi Tentang Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel pada peneliitian berjumlah 95 pasien di instalasi rawat jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan, motivasi, dan peluang terhadap kepuasan paien rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta yang di tunjukan oleh nilai p value <0,05. Kesimpulan penelitian terdapat hubungan antara kemampuan (pvalue 0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta, terdapat hubungan antara motivasi (pvalue 0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta dan terdapat hubungan antara peluang (pvalue 0,002) dengan kepuasan pasien rawat jalan RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta. Saran penelitian mengadakan pelatihan service excellent karena pegawai harus memperlakukan pasien dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Mulyani N, Hakim L. Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kepausan Pasien Di RSUD Labuang Baji Makassar. JournalUnismuh.aId/IndexPhp/Ki,Ap/Index [Internet]. 2021;2(X):1–17. Available from: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index
Fauziah Kurnia Permatasari, Wahyu Ratri Sukmaningsih, Sinta Novratilova. Hubungan Aspek Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Karanganyar. J Heal Inf Manag Indones. 2024;3(1):41–6.
Padang V, Kualitas H, Homecare P, Pasien K, Luka P, Rumah D, et al. Hubungan Kualitas Pelayanan Homecare dengan Kepuasan Pasien Perawatan Luka di Rumah Sakit Bakti Timah Karimun. J Educ Innov Public Heal [Internet]. 2024;2(1):82–9. Available from: https://prin.or.id/index.php/Innovation/article/view/2080
Amirudin A, Ariyanto A. Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. SAMKO Indonesia. J Ilmu Komput dan Bisnis. 2020;11(2a):1–8.
Kumajas S, Kairupan M, Pangemanan RC. Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tikala Baru Kota Manado. J Community Emerg [Internet]. 2018;6(3):219–29. Available from: http://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/189/176
Wirawan C, Oktamianti P. Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan di RSUD Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat Tahun 2022. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2023;6(6):1110–6.
Astarani K, Pradianata MJ. Pentingnya Perilaku Empati Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan. J Stikes RSBK [Internet]. 2015;8(1):86–94. Available from: https://jurnal.stikesbaptis.ac.id/index.php/STIKES/article/view/109
Nurhidayat M, Arifki Zainaro M. Pengaruh Kinerja Petugas Kesehatan Pada Tingkat Kepuasan Pasien. Holistik J Kesehat [Internet]. 2020;14(2):187–94. Available from: https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/holistik/article/view/2442/0
Sri R, Sariyunita SD. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Poliklinik Rawat Jalan HIV/AIDS Rumah Sakit Umum Daerah Djasamen Saragih Tahun 2023. Antigen J Kesehat Masy dan Ilmu Gizi [Internet]. 2023;1(3):01–7. Available from: https://jurnal.stikeskesosi.ac.id/index.php/Antigen/article/view/45
Alim A, Tangdilambi N, Badwi A. Jurnal Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Analitik Terhadap Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar). J Manaj Kesehat Yayasan RSDr Soetomo. 2019;5(2):165.
Kismanto J, Suryo Murtopo A. Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Karanganyar. J Kesehat Kusuma Husada. 2023;14(1):106–16.
Faridah I, Afiyanti Y, Basri MH. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dipuskesmas Periuk Jaya Tahun 2020. Kesehatan. 2020;9(2):1–92.
Hafid MA. Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Yankestis Dalam Pelayanan Keperawatan di RSUD Syech Yusuf Kabupaten Gowa. Jurnal Kesehatan Volume VII No.2 le. J Kesehat [Internet]. 2014;7(2):368–75. Available from: https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/56
Lumanaw HKJ, Mandagi CKF, Wowor R. Hubungan Persepsi Pasien Mengenai Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kawangkoan Utara Kabupaten Minahasa. J KESMAS. 2021;10(4):136–42.
Siswati S. Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Di Unit Rawat Inap Rsud Kota Makassar Quality of Health Services with BPJS Patient Satisfaction in Inpatient of General Hospital of Makassar City. :174–83.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2024.7(1).7-12
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Hospital Administration
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668
Indonesian Journal of Hospital Administration indexed by:
Alma Ata University
Jl Brawijay a no. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.