Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen
Abstract
Waktu tunggu merupakan masalah yang selalu menimbulkan keluhan pasien di beberapa rumah sakit, seringkali masalah waktu menunggu pelayanan ini kurang mendapatkan perhatian oleh pihak manajemen rumah sakit. Waktu tunggu menjadi salah satu standar minimal pelayanan rawat jalan di rumah sakit, dengan standar yang ditetapkan kementerian kesehatan yaitu < 60 menit mulai dari pasien mendaftar sampai masuk ke ruang pemeriksaan dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan rawat jalan terhadap kepuasan pasien di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Penelitian ini merupakan penelititan kuantitatif analitik. Pengambilan data menggunakan kuisioner dengan analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai p value = 0,041 (p<0,05), yang berarti ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan rawat jalan terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini berpengaruh positif sebagai bahan evaluasi rumah sakit untuk melakukan perbaikan dalam pelayanan terkait waktu tunggu pelayanan. Peneliti menyarankan kepada pihak instalasi rawat jalan RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen sebaiknya melakukan perbaikan pelayanan dalam hal waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan meminimalisir keterlambatan dokter.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 129 2008 p. 69–73.
Maulana D, Tamrin R, Alim A, Imran A. Analisis Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Maccini Sombala. J Kesehat. 2019;12(2):99.
Nofriadi N, Delima M, Sara Y, Kunci K. Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam RSUD Painan. Pros Semin Kesehat Perintis. 2019;2(1):67–72.
Jannah M, Rizany I, Setiawan H. Perbandingan Waktu Tunggu Dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rsud Ratu Zalecha Martapura. J Perawat Indones. 2020;4(2):402.
Wijayanti FER, Lidiana EH, Widiastuti A. HubunganWaktuTungguPasiendenganTingkatKepuasan Pasiendi Klinik Mitra Sehat Karanganyar. J Nurs [Internet]. 2023;4:40–5. Available from: https://journal.aiska-university.ac.id/index.php/ASJN
Putera PJC, Posangim J, Manampirirng AE. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Factors Related to Patient Satisfaction at Outpatient Installation of Prof, Manado. Med Scope J. 2023;5(2):222–31.
Zainaro MA, Nurhidayat M. Pengaruh kinerja petugas kesehatan pada tingkat kepuasan pasien. Holistik J Kesehat. 2020;14(2):187–94.
Irene Waine, Andreasta Meliala, Valentina Dwi Yuli Siswianti. Penanganan Komplain Di Rumah Sakit. J Manaj Pelayanan Kesehat (The Indones J Heal Serv Manag [Internet]. 2022;23(04):127–32. Available from: https://jurnal.ugm.ac.id/jmpk
Tusrini W. Analisis Waktu Tunggu Dan Waktu Pelayanan Pendaftaran Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung. J Sehat Masada. 2022;16(1):202–16.
Karunia M, Azizah N, Rahayu O, Melati PS, Santoso APA. Mutu dan kepuasan terhadap pasien. J Complement Heal. 2022;2(1):63–6.
Aliyah F, Khasanah TA. Hubungan Pelayanan Gizi, Kualitas Makanan, dan Konseling Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Balaraja. J Kesehat Indones. 2023;13(2):57.
Katarina A, Sukamto E, Kadir A. The Correlation between Waiting Time and Patient Satisfaction in the Outpatient Unit at the Gateway Sehat Hospital, Mahulu Ujoh Says. Formosa J Sci Technol. 2023;2(8):2019–32.
Armini NK. Evaluasi Penerapan Sistem Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Birobuli Kota Palu. J Ilm Kesmas IJ (Indonesia Jaya). 2020;20(2):107–13.
DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2024.7(1).25-30
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Hospital Administration
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668
Indonesian Journal of Hospital Administration indexed by:
Alma Ata University
Jl Brawijay a no. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.