Analisis Budaya Organisasi Tenaga Kesehatan Menggunakan Brand Equity Theory: Studi Deskriptif

Mastamah Mastamah, Sri Werdati, Arida Oetami

Abstract


Budaya organisasi adalah belief, value, norma, dan sistem yang membentuk dan mewarnai perilaku pimpinan dan anggota organisasi sehingga menjadi kebiasaan yang sulit diubah. Untuk merubah budaya organisasi menjadi baru diperlukan rebranding, salah satu teori dalam melakukan rebranding ialah brand equity. Brand equity adalah nilai tambah pada jasa atau produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi tenaga kesehatan di Soerojo Hospital menggunakan Teori brand equity untuk memperbaiki citra pelayanan kesehatan atau rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain observasional study. Rancangan penelitian mengunakan pendekatan cross sectional. Subyek pada penelitian ini adalah perawat, dokter dan manajer rumah sakit Sampel penelitian ini sebanyak 98 responden, ditentukan dengan pendekatan simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner “Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI)” Hasil reliabilitas 0.67 sampai 0,83 dengan Validitas 0,764. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa domain Clan (kekeluargaan) saat sekarang (26) serta masa depan (28) serta terdapat selisi sebanyak -2, domain Adhocrazy (berstruktur) saat sekarang (23) serta masa depan (25) serta terdapat selisi sebanyak -2, domain Market (hasil produksi pemasaran) saat sekarang (25) serta masa depan (22) serta terdapat selisi sebanyak 3 bahwa, serta domain Hierarchy (orientasi terhadap kreatifitas) saat sekarang (26) serta masa depan (25) serta terdapat selisi sebanyak 1, sehingga disimpulkan bahwa budaya organisasi di Soerojo Hospital Magelang pada saat ini dihasilkan dengan nilai tertinggi pada tipe Clan (kekeluargaan) dengan total 26 poin, selanjutnya pada masa yang akan datang didapatkan tipe Clan meningkat menjadi 28 poin. Sehingga budaya organisasi tenaga kesehatan yang baik bisa diketahui salah satunya menggunakan brand equity

Keywords


Budaya Organisasi; Citra Merek; Ekuitas Merek; Organizational Culture; Brand Image; Brand Equity

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Peraturan Menteri Kesehatan. PMK Nomor 80 tahun 2020 tentang Komite Mutu Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan, Nomor 80 tahun 2020 Republik Indonesia; 2020.

Rusydi AR. Ekuitas Merek Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Makassar. Ekuitas Merek Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Makassar. 2013 Jun;88–94.

Tjiptono F. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. i. Yogyakarta: Andi Publisher; 2014.

Hamidiyah Azizatul. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Minat kunjungan Ulang Di Klinik Umum Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Kota Tangerang Selatan Tahun 2013. 2013.

Tjiptono F, Chandra Gregorius. Service, Quality dan Satisfaction. 4th ed. 2016.

Alzagladi B, Andriani H, Prihartin I. STRATEGI REBRANDING PADA RUMAH SAKIT DI INDONESIA: TINJAUAN LITERATUR. jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang [Internet]. 2022;10:13–22. Available from: https://www.researchgate.net/publication/364261099

Nhat Hanh Le A, Ming Sung Cheng J, Kuntjara H, Ting-Jun Lin C. Corporate rebranding and brand preference: Brand name attitude and product expertise as moderators. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. 2014 Sep 2;26(4):602–20.

Miller DL. Building Better Organizational Rebrands: Exploring The Employee Viewpoint. Proquest [Internet]. 2019 [cited 2023 Jan 23]; Available from: https://search.proquest.com/openview/e63d415b7832afd1003bd84cbe08e9f5/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=y

Ola M. PEMBENTUKAN BUDAYA ORGANISASI PASCA REBRANDING BERDASARKAN WEICK’S THEORY OF ORGANIZING (Studi Kasus pada Sebuah Perusahaan Asuransi di Jakarta). https://e-journal.uajy.ac.id/13965/. 2016;

Robbins SP, Coulter M. Manajemen. Edisi 10. Indonesia: Erlangga; 2010.

Kotler P, Keller K, Brady M, Goodman M, Hansen T. Marketing Management. Pearseon EDucation; 2019.

Rangkuti F. SWOT BALANCED SCORECARD teknik menyusun strategi Korporat yang efektif plus cara mengelola Kinerja dan risiko. Jakarta: Gramadia Pustaka Utama; 2011.

Rangkuti F. Teknik Membedah Kasus Bisnis: Analisis SWOT. Cetakan Ke 20. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2015.

Ikmal H, Studi P, Agama P, Sekolah I, Ilmu T, Raden T, et al. Pengaruh Budaya Organisasi, Budaya Historis dan Pemetaan Stakeholder terhadap Branding Image Lembaga Pendidikan dan Dampaknya Terhadap Kinerja Lembaga. journal of islamic Religous instrunction. 2020;4(1).

Sunuantari M. PENERAPAN BUDAYA PERUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN CITRA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN. journal communication spectrum . 2012;2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2023.6(2).%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats