Hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Klinik Pratama

Muhammad Zia Ulhaq, Fitria Ariya Ningtiyas

Abstract


Dewasa ini masalah Kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, Pembangunan Kesehatan dilaksanakan untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal dengan melibatkan peran aktif masyarakat dalam memilih pelayanan Kesehatan yang bermutu. Suatu pelayanan kesehatan dikatakan bermutu apabila mampu menimbulkan kepuasan bagi pasien yang dilayaninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di klinik pratama kauman salaman. Metode penelitian ini analisis kuantitatif, dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang berobat ke klinik pratama kauman. Sampel yang digunakan sebanyak 106 responden. Analisa data ini menggunakan pearson correlation. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh data terdapat hubungan yang sedang antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Klinik Pratam kauman dengan nilai siginfikansi 2 arah 0.00 dan P value sebesar 0.507. kesimpulannya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; kepuasan pasien; Klinik


Keywords


Kualitas Pelayanan; kepuasan pasien; Klinik; Service Quality; patient satisfaction; Clinic

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andriani A-. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. J Endur. 2(1):45. 2017.

Safrudin, Ngisom, Yuwono TA. Hubungam Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Upt Puskesmas Gandrungmangu I Kabupaten Cilacap. J Ilm Kesehat Keperawatan. 8(2):109–18. 2012.

Cynthia silsilia tailaso. Puskesmas Bahu Kota Manado Pendahuluan Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan yang kesehatan dapat memenuhi seluruh harapan pelanggan melalui p. Hubunga Mutu Pelayanan Kesehat Denga Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manad. 7:1–10. 2018.

Sesrianty V, Machmud R, Yeni F. 317-Article Text-1013-1-10-20200102 (1). 6(2):116–26. 2019.

Anas ASA, Abdullah AZ. Studi mutu pelayanan berdasarkan kepuasan pasien di Klinik Gigi dan Mulut RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. J Dentomaxillofacial Sci.7(2):98. 2008.

Sajow EI, Wowor R, Maramis FRR, Kesehatan F, Universitas M, Ratulangi S, et al. 1 Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Klinik Bala Keselamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. 11(1):1–7. 2022.

Pangerapan D PO. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokt Klin. 2(1):9–18. 2018.

Mustofa, A. H., Fatimah, F. S., & Sarwadhamana, R. J. Determinan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kasihan 1 Pada Era New Normal. Jurnal Kesehatan Manarang, 8(1), 61-67.2022.

Haeruddin, Alwi Khidri SU. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Minat Kembali di RSUD Haji Makassar. J Kesehat. 2021;4 No. 3(3):282–8.

Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit, 6 9-15, Januari 2017 [Internet]. 2017;6(1):9–14. Available from: website: http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs DOI:

Umam C, Muchlisoh L, Maryati H. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Metode Ipa (Importance Perfomance Analysis) Di Puskesmas Bogor Tengah Kota Bogor Tahun 2018. 2(1):7 2019.

Yamit Z. Manajemen Kualitas Produksi dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia; 2002.

Maryono, M., Putri, I. R. R., & Inayati, A. Hubungan Pemberian Informasi pada Pasien Rawat Inap dengan Kepuasan Mutu Pelayanan Pasien di Unit Admisi RSUP DR. Sardjito Yogyakarta. Indonesian Journal of Hospital Administration, 3(1), 27-35.2020.

Fatimah, F. S., Mars, S., Sarwadhamana, R. J., Mulyani, R., & Handayani, P. D. A Comparison of Patient Satisfaction When Using the Insured and Non-insured in Public Health Center (Puskesmas Kasihan 1) Bantul, Indonesia. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(T8), 1-4. 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.21927/ijhaa.2022.5(1).45-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Hospital Administration

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



ISSN (print) 2624-265X, ISSN(online) 2621-2668

International Journal of Hospital Administration indexed by:

  

Office:
Alma Ata University
Jl Brawijaya n0. 99, Tamantirto, Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Web Analytics View My Stats